Pameran Foto dan Arsip ‘Muhammadiyah dalam Lorong Waktu’ Dibuka

Pameran Foto dan Arsip ‘Muhammadiyah dalam Lorong Waktu’ Dibuka

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais membuka Pameran Foto dan Arsip Muhammadiyah ‘Muhammadiyah dalam Lorong Waktu’ di Aula Masjid KH Ahmad Dahlan UMY Kamis (17/11). Pameran ini adalah bagian dari Resepsi Perayaan Milad Muhammadiyah ke 104 yang akan digelar malam ini di Sportorium UMY.

Dahlan pun mengungkapkan bahwa pameran ini merupakan langkah awal dari pendirian Museum Muhammadiyah yang kini masih dalam proses perencanaan. Selama ini, Muhammadiyah tertib melakukan pencatatan dan pengarsipan. Arsip tertulis Muktamar Muhammadiyah dari masa ke masa dan gambar-gambar bersejarah lainnya pun masih tersimpan dan turut dipamerkan dalam pameran ini.

“Pameran ini menjadi langkah awal bagi Muhammadiyah untuk mendirikan Museum Muhammadiyah yang rencananya akan dibangun di tengah kota,” tutur Dahlan.

Menurutnya, upaya pengumpulan arsip, foto, dan berbagai artefak bersejarah Muhammadiyah dalam pameran ini memiliki peran penting agar jejak langkah Muhammadiyah bersama dengan bangsa Indonesia tidak hilang dan tetap terpelihara.

“Pameran ini bisa menyempurnakan narasi-narasi tertulis milik Muhammadiyah. Karena foto dan gambar dapat mengungkapkan ribuan kata daripada apa yang tertulis,” lanjutnya.

Menurutnya, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam persyarikatan Muhammadiyah, melalui pameran ini patut dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi generasi-generasi penerus persyarikatan.

Pameran ‘Muhammadiyah dalam Lorong Waktu’ ini menampilkan berbagai arsip Muhammadiyah seperti surat-surat penting, buku-buku kuno, surat kabar, catatan biografi; foto-foto dinamika pergerakan Muhammadiyah dari masa ke masa; artefak di stand yang terbagi dalam Suara Muhammadiyah Corner, Ahmad Dahlan Corner, Muhammadiyah Daerah, dan lain-lain (Th).

 

 

Exit mobile version