Milad Muhammadiyah Surakarta, Refleksi Perjuangan Memajukan Bangsa

Milad Muhammadiyah Surakarta, Refleksi Perjuangan Memajukan Bangsa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah– Pelaksanaan Milad Muhammadiyah yang ke-104 M/107 H, digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta. Berbagai agenda disajikan dalam pelaksanaan Milad Muhammadiyah yang kali ini mengangkat tema Muhammadiyah Berjuang untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkemajuan.

Agenda Milad Muhammadiyah dimulai dengan agenda refleksi milad Muhammadiyah dan diakhiri dengan agenda Resepsi Milad Muhammadiyah. Bertepatan dengan lahirnya Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah mengadakan agenda Apel Milad Muhammadiyah, 18 November 2016 yang bertempat di Lapangan Banyuanyar, Surakarta. Selaku Pembina Upacara, KH. Subari mengatakan organisasi Muhammadiyah didirikan dan dikembangkan sebagai ikon dengan semangat yang bergerak untuk memajukan bangsa, terutama lewat pendidikannya.

“KH Ahmad Dahlan, mendirikan Muhammadiyah dilatarbelakangi karena keterpurukan bangsa Indonesia karena kebodohan yang merajalela. Selain itu juga lemahnya tingkat pendidikan di semua lini,” ungkapnya.

Menurut Subari, pergerakan Muhammadiyah, selain pendidikan juga pada bidang kesehatan. Di awal Kyai Dahlan mendirikan rumah sakit PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) hingga mendirikan madrasah-madrasah yang mengajarkan ilmu pengetahuan barat dan islam. Maka perkembangan Muhammadiyah Solo juga didukung oleh kedua kekeuatan tersebut yaitu pendidikan dan kesehatan

“Sehingga sekarang Rumah Sakit PKU Muhammadiyah maju dengan pesat dan didukung dengan amal usaha sekolah yang berkembang di seluruh wilayah Surakarta,” tambahnya.

Sementara itu Milad Muhammadiyah ke 104 ini juga diisi dengan kegiatan lomba bulutangkis dan tenis meja bagi pimpinan ranting,cabang serta karyawan amal usaha Muhammadiyah. Selain itu pada hari Minggu, 20 November 2016 juga dilaksanakan sepeda sehat keluarga Muhammadiyah. Kegiatan sepeda sehat ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Kegiatan sepeda sehat ini juga dimeriahkan dengan berbagai hadiah yang didapatkan hasil dari bantuan seluruh amal usaha Muhammadiyah.

Puncak pelaksanaan Milad Muhammadiyah 104 adalah resepsi Milad Muhammadiyah yang akan diadakan pada hari Jumat, 25 November 2016 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Solo dan akan diisi tausiah oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Mohammad Isnan).

Exit mobile version