Massa Jalan Kaki Teruskan Long March ke Jakarta

Massa Jalan Kaki Teruskan Long March ke Jakarta

BANDUNG, Suara Muhammadiyah,- Massa jalan kaki dari Ciamis yang akan mengikuti aksi super damai 2 Desember di Jakarta meneruskan Long Marchnya ke Jakarta. Setelah semalam menginap di Perhutani Jl Soekarno-Hatta Bandung, Kamis pagi (1/12/2016) jam 7.00  meneruskan perjalannannya ke Jakarta.

Perjalanan mereka dielu-elukan oleh masyarakat, termasuk  santri Pesantren Persatuan Islam (Persis) 110 Mambaul Huda Kota Bandung.  Mereka berderet di Jl Soekarno-Hatta Bandung untuk menyemangati mereka yang melakukan long march dari Ciamis sekaligus menyerap ghirah perjuangan para santri dari Ciamis ini.

Gema takbir disuarakan oleh para santri  Pesantren Persis ini menyambut kedatangan para rombongan masa aksi jalan kaki. Setelah seluruh rombongan pejalan kaki lewat, mereka kembali ke pesantren untuk meneruskan proses belajar mengajar mereka.

Sebelum dhuhur, rombongan jalan kaki Ciamis telah melewati Cimahi menuju kearah Caringin selanjutnya mengarah ke Jakarta. Mereka menolak untuk diantar dengan mobil dan bus kecuali waktu yang tersedia diperkirakan tidak sampai ke Monas jika dilakukan dengan jalan kaki.

Baca: Polri Serahkan Ahok ke Kejagung Tetapi Tak Ditahan Juga

Semangat santri Ciamis ini ternyata menggugah jamaah Masjid Salman untuk menyediakan bekal bagi massa jalan kaki ini. Mereka menyiapkan sebanyak 1.500 kotak  yang dimasak sendiri oleh  jamaah Masjid Salman ITB. Mereka menyembelih satu sapi dan empat domba hasil sumbangan jamaah.

Baca: Santri Ciamis Jalan Kaki Untuk Ikut Aksi 2 Desember

Semangat santri Ciamis ini juga menggugah umat Islam Bogor untuk melakukan hal yang sama. Rintik gerimis tak menyurutkan langkah ratusan massa Aksi Super Damai 212 yang melakukan apel konsolidasi di Masjid Raya Kota Bogor. Mereka mulai berangkat ke Jakarta pukul 9.00, Kamis (1/12/2016).

Baca: Santri Ciamis Masih Tetap Jalan Kaki Untuk Ikuti Aksi 2 Desember di Jakarta

Rute perjalanan massa dari Bogor ini melalui Jalan Pemda Cibinong, Jalan Raya Bogor-Jakarta, Jalan Margonda Depok, Jalan Pasar Minggu Jakarta, Kalibata, Pancoran, Menteng kemudian  menuju ke Monas untuk mengikuti aksi 2 Desember. Tujuan mereka satu untuk membela Islam dan menuntut agar tersangka Ahok segera ditahan (le).

Exit mobile version