Film BTDLA2 Jadi Perbincangan di Turki

BTDLA2

Film BTDLA2 Jadi Perbincangan di Turki

ANKARA, Suara Muhammadiyah,-  Film karya anak bangsa Indonesia Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (BTDLA2) menjadi pembicaraan di Turki.  Salah satu media di Turki, Turki Radio and Television World  menyoroti film yang diangkat dari novel karya pasangan suami isteri Rangga Almahendra dan Hanum Salsabela Rais.

Mereka mengklaim bahwa film ini terinpirasi Klaim Erdogan (Presiden Turki)  beberapa waktu lalu, bahwa  “Muslim menemukan Benua Amerika tiga abad sebelum Christopher Colombus”.  Kebetulan memang dalam film ini terkait penemuan benua Amerika oleh seorang Muslim.

BTDLA2 memang mengisahkan bagaimana peran Muslim dalam penemuan Amerika. Film itu bahkan ber-tagline—yang dalam trailer disuarakan Abimana Aryasatya sebagai salah satu pemeran utama—“Apakah muslim penemu Amerika?” Hanum Salsabela Rais, wartawan, yang diperankan Acha Septriasa dikisahkan membuktikan Muslim China mendarat lebih dahulu di Amerika sebelum Colombus.

Rangga Almahendra, penulis buku BTDLA2 yang dalam film itu diperankan Abimana, mengaku tidak terinspirasi oleh Erdogan saat menelurkan karyanya. “Sebenarnya sebelum Erdogan berbicara seperti itu, faktanya memang sudah banyak. Jadi film ini terinspirasi dari banyak fakta,” katanya, yang juga menulis skenario untuk film berjudul sama itu.

Film BTDLA2  sendiri belum tayang di bioskop dan yang beredar baru trailernya saja. Film yang mengisahkan perjalanan Hanum Salsabela Rais (putri mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais) dan suaminya ini baru akan tayang di bioskop 8 Desember 2016 (eff)

Exit mobile version