Pemeriksaan Gratis TB-HIV di 24 Panti Asuhan Padang

Pemeriksaan Gratis TB-HIV di 24 Panti Asuhan Padang

PADANG, Suara Muhammadiyah – SR TB-HIV Aisyiyah care Sumbar mengadakan Rapat koordinasi bersama Dinas kesehatan Sumbar, Dinkes Kota Padang dan Komisi penanggulangan Aids Sumbar, sekaligus koordinasi program turun di Panti asuhan di padang di Restauran Diniyah Suaso, Jumat, (9/12). Kegiatan ini dibuka resmi Ketua PW Aisyiyah Sumbar Dra Hj.Meiliarni Rusli.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Dra Hj Meiliarni Rusli mengatakan, banyak tantangan dalam program penanggulangan TB-HIV Ini sangat sensitif dan sering memunculkan stigma negatif bagi pasien TB-HIV, makanya perlu usaha bersama dengan pendekatan religius.

“Kegiatan ini melibatkan lintas majelis Aisyiyah dan kerjasama dengan pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan, LSM dan panti asuhan, mudah-mudahan dengan keebrsamaan program ini sukses menekan angka TB dan HIV di Sumbar” tuturnya.

Koordinator TB-HIV Aisyiyah Care Sumbar, Deri Rizal mengatakan, ada 24 titik Panti Asuhan di Kota Padang diberikan penyuluhan dan pemeriksaan TB-HIV gratis, tidak hanya warga panti saja tetapi juga masyarakat di sekitar panti asuhan. “Ada 24 panti dengan jumlah anak 985 anak dan warga sekitar panti pada 9 kecamatan di Kota Padang,” tandasnya

Terkait Panti Asuhan yang menjadi sasaran penyuluhan dan pmeriksaan TB-HIV, katanya karena program TB disinergikan dengan program Aisyiyah Sumbar yaitu gerakan Aisyiyah cinta anak. Selain itu juga memastikan Panti asuhan di Kota Padang bebas TB

Ada 4 daerah sub recipient TB-HIV Padangg, Padang sedang berjalan sedangkan untuk di Solok Padang pariaman dan bUkitinggi akan dimulai pada 1 Januari 2016.

Ada dua tahap pelaksanaan penyuluhan dan pemeriksaan TB-HIV care antaralain tahap I Minggu, 18 Desember 2016 dengan turun pada 13 panti koto tangah, tahap dua pada minggu, 25 desember paa 11 panti Padang Barat, Lubuk Kilangan, Nanggalo, Pauh, Padang Timur dan Padang Selatan.

Hadir dalam kesempatan itu Monev Rila Haryanti, SR Hendri Novigantor, Dinkes Eva Westari, SR Muhayatul, PW Aisyiyah SumbarJusmwati, perwakilan Dinkes Sumbar Yuhartini dan Nining Rosanti (RI).

Exit mobile version