Produktif dan Berprestasi, SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kembangkan TV-Edukasi Pustekkom

Produktif dan Berprestasi, SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kembangkan TV-Edukasi Pustekkom

KEPANJEN, Suara Muhammadiyah- Maraknya kompetensi keahlian broadcast pada program Teknologi Komputer Jaringan dan Seni Media Kreatif di SMK di Indonesia dimanfaatkan pihak Kemdikbud RI untuk meramaikan konten siaran pertelevisian edukasi TV-Edukasi milik pemerintah. Salah satunya, dengan memberi kesempatan SMK yang memiliki bidang keahlian broadcasting untuk menyiapkan menu acara yang bisa disiarkan dalam program acara e-TV nantinya.

SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang misalnya, menjadi satu dari 13 SMK se Indonesia yang bakal mendapatkan kesempatan tersebut. Melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Pendidikan dan Kebudayaan, Kemdikbud menunjuk SMK Muhammadiyah 5 menjadi bagian dari rencana tersebut. Namun sebelumnya, 13 SMK yang ditetapkan ini terlebih dulu harus mengikuti kegiatan Gathering on Action Fasilitasi Komunitas Broadcast.

Kegiatan gathering fasilitasi ini dilangsungkan tiga hari, selama Selasa-Jumat (20-23/12) di Amartha Hills Hotel and Resort Kota Batu. Acara yang banyak dikemas dalam bentuk sarasehan ini mendatangkan narasumber kompeten dan profesional dari RTF Pustekkom yang berpengalaman mengelola program kepenyiaran pertelevisian.

“Ya, SMK Muhammadiyah 5 bersama sejumlah SMK yang memiliki jurusan broadcast se Indonesia terpilih mengikuti kegiatan fasilitasi oleh Pustekkom Jakarta. Rencananya, kami diberi tugas membuat konten acara siaran untuk tv edukasi,” kata kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Drs Arif Joko Suryanto, Kamis (22/12).

Dikatakan, kesempatan membuat konten yang harus digarapnya adalah program acara On Action. Nantinya, SMK-SMK ini akan diberi tugas membuat project membuat feature dengan tema yang mengangkat potensi lokal. Materi feature yang akan disiarkan ini dibagi menjadi tiga segmen, yaiti ON SEJARAH, ON KEHIDUPAN DAN ON WISATA.

Bagi Arif, tantangan proyek ini sangat mungkin bisa dikerjakan, mengingat selama ini kompetensi broadcast yang dimiliki peserta didik dan pendidiknya sudah cukup teruji. Dikatakan, beberapa kali jurusan broadcast pertelivisian SMK Muhammadiyah 5 telah melakukan program siaran live dan eksklusif di berbagai acara. Hasil program broadcast juga sudah banyak diwujudkan dalam konten materi sinema dan film pendek yang juga berhasil mendapatkan penilaian terbaik dalam sejumlah kesempatan lomba dan festival.

Sebut saja, karya video klip garapan siswa dengan format DVD album ‘Sang Surya’ yang saat ini sudah bereda di pasaran. Sejumlah kru film SMKM 5 juga pernah terlibat dalam penggarapan sinetron religi 10 episode bersama tim dari TVRI Jawa Timur. Paling mutakhir, adalah ditetapkannya karya film siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen sebagai juara 1 film pendek ajang Muhammadiyah Education Conference and Festival (ME Confest) 2016 oleh PWM Jawa Timur awal pekan ini (amin).

Exit mobile version