IMM Teknik UMSU Wisata Edukasi ke Observatorium Ilmu Falak

IMM Teknik UMSU Wisata Edukasi ke Observatorium Ilmu Falak

MEDAN, Suara Muhammadiyah– Follow-up dari kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) IMM Komisariat Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), dilanjutkan dengan kunjungan ke Observatorium Ilmu Falak (OIF) Kampus Pasca Sarjana UMSU dijalan Denai No. 217 Medan (22/12/2016).

Ketua IMM Komisariat Fakultas Teknik UMSU Fahrul Roza mengatakan bahwa kegiatan follow-up DAD ini dilakukan untuk menambah wawasan kader IMM tentang OIF. Sesunguhnya UMSU telah memiliki sejumlah teleskop canggih berbasis digital.

“Teleskop tersebut memudahkan siapa saja yang mengamati hilal meski pada siang hari. Pengamatan dengan menggunakan teleskop OIF dapat langsung terekam komputer dan hasilnya terdokumentasi sehingga menjadi bahan kajian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. OIF UMSU juga menyediakan ruang wisata dan edukasi bersifat konvensional dan digital yang dapat membuka cakrawala pada dunia ruang angkasa. Fasilitas inilah yang selama ini banyak menarik perhatian masyarakat khususnya pelajar di Kota Medan untuk melakukan kunjungan wisata edukasi,” ungkap Roza.

Menurutnya, follow-up DAD ini juga diikuti dari fakultas Ekonomi dan Hukum. OIF UMSU ini memiliki instrumen terlengkap  setelah observatarium milik pemerintah. karena OIF UMSU menyediakan ‘taman’astronomi terdiri dari ruang instrumen, perpustakaan, ruang planetarium dan berbagai simulasi astronomi.

Observatarium ini menggunakan telestop Sky Water MAK 8 HE Q5 buatan Amerika sehingga dapat mengamati bintang dan planet kapan saja. telestop ini memiliki kelebihan bisa mengikutin pergerakan benda langit. selain itu, OIF UMSU juga  menyediakan telestop khusus mengamati hilal pada siang dan malam hari.

“Teleskop ini bisa menangkap bentuk citra hilal,” katanya sambil mengucapkan terima kasih kepada Tim OIF UMSU yang telah memberikan pengetahuan tentang dunia astronomi (Ed-Rbs).

Exit mobile version