UHAMKA Raih Akreditasi A

UHAMKA Raih Akreditasi A

JAKARTA, Suara Muhammadiyah- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengungkapkan terdapat sembilan perguruan tinggi swasta yang mendapat akreditas A oleh BAN-PT pada 2016. Salah satunya yakni Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir mengungkapkan bahwa beberapa PTS mberhasil meraih akreditasi A pada tahun 2016. “PTS yang dulu tidak pernah mendapat akreditasi A, pada 2016 ada yang meraih akreditasi A,” ungkapnya di Kantor Kemristekdikti, Senayan, Jakarta pada Rabu (28/12).

Nasir merinci masing-masing perguruan tinggi tersebut di antaranya yaitu Akademi Kepolisian (AKPOL), Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Bima Nusantara, Universitas Mercu Buana, Institut Teknologi Telkom Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya, serta Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka).

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Biro Kerjasama, Humas, dan Promosi (BKHP) Uhamka Nurlina Rahman mengatakan bahwa pernyataan akreditasi tersebut merupakan jawaban dari penantian keluarga besar Uhamka setelah menjalani proses asesment oleh tim Akreditasi Institut Perguruan Tinggi (AIPT) yang dilakukan selama dua hari berturut-turut serta ditambah dengan waktu jeda menjelang pengumuman dari hasil penilaian tersebut.

Alhamdulillah, di Milad ke-59 Uhamka dan jelang tutp tahun masehi, Uhamka mendapat penghargaan Kemristekdikti. Sungguh merupakan anugerah yang membanggakan kami segenap civitas Uhamka,” terangnya.

Salah satu kriteria perguruan tinggi mendapat akreditasi A, kata Nasir, yakni kualitas dosen harus baik, infrastuktur harus baik, perkembangan riset harus semakin baik. Kendati mendorong peningkatan jumlah akreditasi perguruan tinggi, Kemristekdikti tidak akan mempermudah penilaian akreditasi.

Ucapan selamat membanjiri Uhamka dari berbagai kalangan. Nurlina Rahman menyampaikan rasa terima kasihnya mewakili civitas akademika Uhamka. “Alhamdulillah tahun ini adalah tahun keberkahan bagi Uhamka. Dalam selang waktu sebulan yang lalu, Uhamka juga meraih peringkat ke 2 PTS se-DKI Jakarta. insyaAllah Uhamka akan terus mengembangkan kualitas dalam semua bidang. Terima kasih kepada stakeholder atas kerjasama dan dukungannya. Semoga UHAMKA dapat menjadi Universitas utama, yg menghasilkan lulusan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial. Serta dapat mendorong mewujudkan masyarakat Ilmu yang cerdas, mencerahkan menuju Indonesia Berkemajuan, Salam Kebersamaan!” tandasnya (Yusri).

Exit mobile version