Persiapan Edutrip ke Luar Negeri, SMP Muhammadiyah PK Gelar Out Bond

Persiapan Edutrip ke Luar Negeri, SMP Muhammadiyah PK Gelar Out Bond

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah-Bertempat di Lapangan Edu Park UMS Surakarta, sebanyak 60 siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti pelatihan outbond untuk mempersiapkan fisik dan mental dalam menghadapi Edutrip ke Luar Negeri pada awal Februari 2017 mendatang. Kegiatan outbond berlangsung pada Sabtu (7/1).

“Sekolah mengadakan kegiatan outbond pada hari ini dalam rangka mempersiapkan fisik dan mental para siswa kelas 8 dalam menghadapi kegiatan edutrip ke Singapura dan Malaysia pada 19 Februari 2017”, ujar Ichsan Widayanto SPd selaku koordinator kegiatan.

Jam 07.00 pagi para siswa berkumpul di lapangan edupark UMS. Rimbun pepohonan menambah suasana sejuk pagi itu. Para tentor dari Tim Anava sudah menyambut kedatangan para siswa di lapangan. Kegiatan dibuka dengan pembagian kelompok dan pembuatan yel-yel. Setiap kelompok mengawali kegiatan dengan menampilkan yel-yel di depan kelompok lain.

Permainan-permainan menantang pun dimulai secara bervariasi dalam kelompok putra dan putri. Adapun berbagai kegiatan yang menantang antara lain, Boldoser, Flying Water, Robot, Jembatan Manusia, dan Panjang-panjangan. Semua permainan melatih kerja sama dan kekompakan para peserta.

Rayhan Ahmad Miftakur Rochman menceritakan bahwa sangat berkesan mengikuti kegiatan itu karena banyak mendapatkan manfaat. “Tadi saya mengikuti kegiatan boldoser, flying water, Robot, dan lainnya. Saya sangat senang. Semua kegiatan tadi membutuhkan strategi dan kerja sama tim untuk menang.”

Sefila Nesya Dewanti menuturkan hal yang sama bahwa ia mendapatkan banyak manfaat terutama melatih kerja sama tim. “Tadi kami dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok Tsabita dan Empek-empek. Kegiatan menarik adalah yang terakhir flying water. Kami masing-masing diminta memegang ujung kain yang di atasnya ada dua gelas berisi air untuk dibawa berjalan sampai finish. Permainan itu melatih kekompakan dan kerja sama,” ujarnya.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, Aryanto menjelaskan bahwa pada 19 Februari 2017 mendatang para siswa kelas 8 akan mengikuti Edutrip ke Singapura dan Malaysia. Salah satu upaya mempersiapkan diri siswa adalah melalui kegiatan out bond ini. “Kami menaruh harapan dengan mengikuti kegiatan out bond ini para siswa mampu siap baik  mental maupun fisik untuk melakukan perjalanan edutrip mendatang. Kami harap pula para siswa mampu kompak bekerja sama dalam tim.” (Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta: Aryanto)

 

Exit mobile version