Peduli Kesehatan Warga, NCC UMY Gelar Aksi Sosial

Peduli Kesehatan Warga, NCC UMY Gelar Aksi Sosial

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam Nursing Care Club (NCC) menggelar kegiatan bakti sosial dan pemeriksaan gratis bagi masyarakat Gunung Buthak RT 05, Dukuh Ngrame, Desa Tamantirto, Kec. Kasihan Bantul. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (8/1) ini merupakan bentuk kepedulian NCC kepada masyarakat sekitar. Selain dua kegiatan di atas, terdapat kegiatan lain seperti Khitan Gratis, Pengajian, Senam Pagi, Konsultasi Dokter, Pelatihan Kesehatan dan Bazar Pakaian Murah.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan NCC ini menggandeng beberapa pihak untuk bekerja sama di antaranya yaitu Tim dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, tim dari Dompet Dhuafa, serta tim dari Darut Tauhid.

Koordinator Acara, Febri Dwi Saputro mengatakan bahwa dengan mengusung tema “Berbagi Kebaikan, Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat” ini dia berharap kegiatan yang membagi kebaikan ini dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat. “NCC sendiri bergerak di bidang kemanusiaan dan karena kami dari Ilmu Keperawatan, maka fokus utamanya yaitu kesehatan,” tambahnya.

Terkait teknis pelaksanaan, Febri menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal (7/1) hingga (8/1). “Pada tanggal 7 kami mengundang warga untuk menghadiri sholat Isya berjamaah dan mengikuti pengajian. Pada minggu ini, kegiatan lebih banyak meliputi senam pagi, cek kesehatan, konsultasi dokter, bazar sembako dan pakaian murah, khitan gratis, dan dilanjutkan siangnya pelatihan kesehatan bagi pemuda dan pemudi desa,” terangnya.

Febri menghimbau kepada teman-teman mahasiswa khususnya untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. “Untuk mahasiswa yang mengadakan kegiatan baksos sebenarnya tidak perlu jauh-jauh untuk membantu, di sekitar kampus pun banyak yang membutuhkan. Ayo untuk mahasiswa lebih peduli lingkungan sekitar,” ajaknya. Ia berharap melalui kegiatan ini masyarakat Gunung Buthak dapat merasakan manfaatnya secara langsung khususnya mengenai kesehatan. (Bagas/Yusri).

Exit mobile version