Ustadz Syamsi Ali: Jangkau Komunitas Elite, Muballigh Harus Siapkan Mental

Ustadz Syamsi Ali: Jangkau Komunitas Elite, Muballigh Harus Siapkan Mental

NEW YORK, Suara Muhammadiyah—Muhammad Syamsi Ali, alumni Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Makassar, Sulawesi Selatan, telah terbukti sukses berdakwah di kalangan komunitas elite di Barat. Menetap di New York sejak 1997, kini ia menjadi imam di Islamic Center of New York dan direktur Jamaica Muslim Center di Queens.

Kepada Suara Muhammadiyah, Ustadz Syamsi Ali menuturkan pengalamannya selama berdakwah di kalangan elite di Amerika Serikat. “Saya beberapa kali memberikan presentasi Islam di Hollywood. Dua kali di antaranya disponsori oleh Russell Simmons, raja hip hop Amerika, yang kebetulan teman dekat. Beliau adalah Ketua Yayasan Kesepahaman antar Etnik di Amerika,” tuturnya.

Menurut Ustadz kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini pada umumnya para seniman atau seniwati di Hollywood menaruh simpati kepada agama dan umat Islam. Mereka rata-rata punya pengalaman pernah berinteraksi dengan orang-orang Islam di berbagai belahan dunia. Salah satu di antaranya adalah Angelina Jolie yang menjadi Duta PBB untuk pengungsi. “Beliau (Angelina Jolie—red) sangat ramah, bersahabat, bahkan sangat simpati dengan Islam dan pemeluk Islam,” katanya.

Baca: Saatnya Dakwah Islam Membidik Kelas Elite

Sukses berdakwah di kalangan elite bukan suatu kebetulan. Apalagi, sosok Ustadz Syamsi Ali juga pernah berceramah menyampaikan ajaran Islam di hadapan Presiden Bush dan Clinton. Tentu butuh persiapan yang matang untuk menghadapi kaum elite dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah Islamiyah. Kepada Suara Muhammadiyah, Ustadz Syamsi Ali menyampaikan tips-tipsnya.

“Saya kira, persiapan yang terpenting adalah kesiapan mental. Mental kerdil yang inferior terhadap kemajuan dunia dijamin tidak akan berhasil,” pesannya.

Menurut Ustadz Syamsi Ali, bukan hanya sekedar persiapan mental ketika seorang muballigh hendak berdakwah di kalangan elite. Terdapat beberapa teknik dan persiapan dalam berdakwah untuk segmen kelas atas. Ulasan selengkapanya seputar “Dakwah Komunitas Kelas Elite” di Majalah Suara Muhammadiyah No. 3/Th ke-102/1-15 Febaruari 2017.

Baca: Dakwah terhadap Kaum Elit Minim Dilakukan Muhammadiyah

Pemesanan hubungi: SIRKULASI/PEMASARAN Jl KHA Dahlan 43 Yogyakarta 55122. Telp. 0274-376955 (ext. 1). Fax. 0274-411306. SMS/WA/Call: 0819-0418-1912

Exit mobile version