Gerakan Sosial IMM Fakultas Ekonomi UMSU Untuk Desa Berkemajuan

Gerakan Sosial IMM Fakultas Ekonomi UMSU Untuk Desa Berkemajuan

DELI SERDANG, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi (PK IMM FEKON) UMSU kembali melaksanakan salah satu program kerja dalam bentuk kegiatan kemasyarakatan yang bernama  Bakti Sosial (Baksos). Kegiatan ini  bertemakan “Meneguhkan Jiwa  Sosial  Dalam Bermasyarakat Melalui Bakti Sosial 2017.” Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ini terhitung mulai tanggal 9-15 januari 2017 dilaksanakan di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Panitia mengatakan ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam acara Baksos kali ini. Di antaranya pengobatan gratis, Posyandu, Pelatihan Kewirausahaan yang dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas ekonomi UMSU, pemberian 150 bibit bebek kepada desa sebagai asset desa untuk dikembangkan, pemberian 3000 pohon mangrove  untuk di tanam di pinggiran desa, memberikan sekitar 300 bibit Pokok buah untuk masyarakat.

“Selain itu juga kita memberikan bantuan celana sekolah dasar untuk SD yang ada di desa sebanyak 250 pcs beserta juga bantuan 250 pcs celana jeans untuk para nelayan, kita juga melaksanakan kegiatan perlombaan islami bagi anak-anak yang ada didesa seperti ( lomba Adzan,  hafalan ayat pendek , Fashion Show, Pildacil, Mewarnai. ada juga kita buat perlombaan masyarakat terdiri dari ( Lomba memasak, Panjat pinang, dan Tarik Tambang ). Selain itu kita juga mengadakan gotong royong bersama masyarakat membersihkan desa, dan melakukan banyak hiburan lainnya. serta di akhir acara atau malam terakhir kita melaksanakan tabligh akbar sekaligus penutupan acara,” ujarnya.

Imran selaku kepala desa manyampaikan bahwa desanya merasa bangga dan sangat berterima kasih atas kehadiran adik-adik mahasiswa yang sangat luar biasa dalam menyusun dan merancang kegiatan ini dengan baik. Itu merupakan kali pertama didesa tersebut dikunjungi mahasiswa yang mampu melaksanakan  segitu banyaknya kegiatan dalam waktu yang cukup singkat. Imran berharap adik-adik mahasiswa yang berasal dari Ikatan Mahasiswa Muhammdiyah ini dapat kembali hadir di desa tersebut untuk melaksakan kembali kegiatan lainnya yang dapat memberikan manfaat kepada desa.

Di lain kesempatan, Camat Pantai Labu juga menyampaikan apresiasinya kepada adik-adik mahasiswa yang sudah mau berkorban waktu dan tenaganya untuk berbagi di desa bagan serdang ini. Dia menyampaikan bahwa desa ini sangat memiliki potensi untuk dikembangkan, maka untuk itu sangat berharap melaui kegiatan ini UMSU dan desa dapat bekerja sama lebih lanjut dalam mengembangkan desa ini dan dapat menjadi desa binaan dari Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU)

Dalam salah satu agenda acara yaitu serah terima seluruh  bantuan kepada masyarakat turut hadir berbagai instansi pemerintahan. Di antaranya kepala dinas sosial Drs Raslan Sitompul, kepala  dinas perindustrian M. Tahir Siagian dan dinas lainnya di Kabupaten Deli Serdang. Hadir juga pada kesempatan tersebut pihak kepolisian dari Polres Deli Serdang, Camat Pantai Labu, Ketua Karang Taruna Deli Serdang,  Perangkat Desa, dan ormas lainnya. Serta tidak lupa turut hadir pimpinan universitas Wakil Rekor III UMSU Rudianto beserta rombongan dan juga hadir perwakilan dari LANTAMAL-I Belawan . Kehadiran  mereka  bertujuan untuk menyaksikan pemberian langsung secara simbolis bantuan kepada warga desa Bagan Serdang dan sekaligus juga melihat langsung lokasi penanaman pohon mangrove di Desa tersebut.

Rudianto selaku perwakilan pimpinan universitas menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini adalah kegiatan yang cukup membanggakan bagi universitas yang dilakukan oleh mahasiswa. Dia menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian yang dilakukan oleh adik-adik dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah terkhususnya fakultas ekonomi UMSU. Ini adalah kegiatan yang harus terus digalakkan sebagai wujud cinta kepada bangsa melalui usaha membina desa, universitas akan sangat mendukung dalam kegiatan-kegiatan apapun jika mampu memberikan manfaat serta dapat mendorong kreativitas mahasiswa.

Wakil rektor III juga berharap nantinya akan ada kerja sama lanjutan yang dapat dibangun dalam waktu dekat untuk mengembangkan desa ini.

Senada, Letkol Ismail Rambe selaku perwakilan dari Lantamal – I Belawan menyampaikan bahwa desa Bagan Serdang selalu mendapatkan perhatian khusus dalam pembangunan desa, maka untuk itu sudah selayaknya desa ini dapat dikembangkan untuk menjadi desa yang maju dan tidak menjadi desa yang tertinggal lagi.

Dalam sambutannya dia juga menyampaikan bahwa Lantamal – I belawan kini sudah bekerja sama dengan UMSU untuk dijadikan mitra  dalam  program kegiatan bina desa. Maka akan sangat beruntung jika nantinya desa ini dapat  terpilih menjadi salah satu desa yang akan dikembangkan dan bina untuk menjadi desa yang lebih maju lagi.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh IMM, karena dengan hadirnya kader-kader IMM, desa semakin ramai dan masyarakat merasa terhibur dan bahagia. Berdasarkan data kepanitiaan Ada setidaknya kurang lebih 100 mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial kali ini, dan semuanya tinggal dan menetap di desa selama satu minggu. Ini adalah salah satu aplikasi dari trikompetensi IMM yaitu humanitas. 

Ketua Umum IMM ekonomi UMSU Khoirul Ahyar Siregar menyampaikan apresiasi dan   rasa bangganya kepada para kader-kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah fakultas ekonomi yang telah berjuang untuk kebaikan, sesuai dengan slogan fastabiqul khairat yang selalu menjadi penyemangat dalam  berikatan.

“Sebagai kader yang militan maka kita harus bersedia mengorbankan waktu dan tenaganya bahkan materi untuk kegiatan yang luar biasa ini. IMM sebagai gerakan dakwah yang bergerak dalam bidang kemahasiswaan harus terus berbuat bagi bangsa dan negara untuk kemajuan bersama, mahasiswa jangan lagi sebagai pihak yang terus mengkritik tanpa solusi, namun bagaimana mahasiswa harus mampu memberikan gerakan-gerakan yang bermanfaat untuk suatu perubahan.  Karena yakinlah perubahan besar dimulai dari perubahan kecil, seribu langkah diawali dengan satu langkah. Maka bergeraklah dan  mulailah untuk maju dalam perubahan,” ujar Akhyar (KAS).

Exit mobile version