Kajian Ahad Pagi At-Tanwir Ala Muhammadiyah Batang

Kajian Ahad Pagi At-Tanwir Ala Muhammadiyah Batang

BATANG-Suara Muhammadiyah-Kajian Ahad Pagi At-Tanwir PCM Batang, Kabupaten Batang di Pendopo Kab. Batang, Ahad (22/1) terasa istimewa karena selain dihadiri oleh 800-an pengunjung. Turut hadir Andriyanto Johansyah, SP MM, anggota Komisi VI DPR-RI dari dapil Jateng. Selain memberikan sambutan atas nama pribadi juga memberikan bantuan stimulan yang diterimakan kepada PCM, PCA, dan PCPM Batang.

Adapun nara sumber kajian hari ini adalah Drs Iskak selaku pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqam Patean Kendal.

Dalam kajian bertema “Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah” itu Iskak meaparkan secara panjang lebar bagaimana menjalani hidup secara islami di tengah masyarakat yang majemuk seperti di Indonesia.

Juga disampaikan model model kepemimpinan ala Muhammadiyah yaitu kepemimpinan kolektif kolegial yang menjunjung kebersamaan dan tanggung jawab bersama. Menurut analisanya, kepemimpinan model Muhammadiyah ini adalah yang terbaik karena sistem pemilihan dimulai secara berjenjang dari level terkecil (ranting) hingga level tertinggi (muktamar).

Narasumber juga menyitir pesan-pesan KH Ahmad Dahlan tentang kepemimpinan, yaitu antara lain seorang pimpinan dalam Muhammadiyah supaya tidak dendam, tidak marah ketika menerima kritik dan celaan, tidak sombong dan besar kepala ketika menerima pujian.

Selain itu, ketua PCM Batang H Harto Setiyono, BA mengatakan bahwa kajian Ahad Pagi di wilayah kecamatan Batang dimulai dari tahun 80-an dengan pengunjung 50-an orang hingga sekarang ini sudah mencapai 800-an orang.

Harto memohon doa dari para pengunjung supaya Allah Swt memberikan kemudahan PDM Batang menyelesaikan pembangunan RSI Muhammadiyah Batang dan PCM Batang merampungkan pembangunan gedung serbaguna Aisyiyah Batang (Sugitohd).

Exit mobile version