KKN Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Ikut Lestarikan Lingkungan Hidup

KKN Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Ikut Lestarikan Lingkungan Hidup

Sambutan Wakil Rektor III Laksminarti, SH, MH

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud aplikasi Catur Dharma Perguruan Tinggi yaitu berupa pengabdian kepada masyarakat. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Tengah sudah sejak lama melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa program Kuliah Kerja Nyata, tahun ini merupakan angkatan yang ke-36.

Program kuliah kerja nyata UM palangkaraya berlokasi di Amal Usaha Muhammadiyah yang berada di Palangka Raya, Kapuas dan Katingan. Adapun amal usaha yang menjadi lokasi KKN adalah kampus, sekolah, dan panti asuhan

Pelaksanaan KKN berlangsung selama 2 bulan dari November hingga Desember 2016, dengan jumlah peserta KKN angkatan 36 ada sebanyak 313 mahasiswa yang tersebar di Palangka Raya sebanyak 15 kelompok, Kapuas sebanyak 8 kelompok dan Katingan sebanyak 4 kelompok.

Capaian kerja yang diinginkan oleh pihak kampus pada program KKN ini ada 3, seperti yang di jelaskan oleh Ketua Panitia KKN angkatan 36, Dr Asep Solikin, MA. “Capaian kerja KKN kali ini ada tiga, yaitu fisik, non fisik dan pengelolaan lingkungan hidup” ujarnya.

Capaian kerja fisik yang telah dilaksanakan adalah berupa pemapingan halaman sekolah dan kampus, pengecetan dan menyulap tempat kumuh menjadi area bermain. Sedangkan capaian kerja non fisik adalah beragam bentuk nya dari donor darah, penyuluhan kanker, hingga penyuluhan kepada ibu hamil. Capian terakhir yang telah dilaksanakan adalah pengelolaan lingkungan hidup (PLH) yaitu penanaman galam di sekitar komplek perguruan Muhammadiyah Kuala Kapuas.

“Kegiatan PLH ini memiliki konsep tanam sebanyak-banyaknya dan rawatlah sebaik-baiknya” tambah Asep

Program KKN UM Palangkaraya masih ditempatkan di amal usaha amal usaha yang di miliki Muhammadiyah di kota2 sekitar Palangka Raya, namun kedepannya konsep KKN akan dilaksanakan di daerah-daerah yang belum pernah di laksanakannya KkN. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor III Ibu Laksminarti, SH, MH ketika memberikan sambutan dalam acara penutupan KKN angkatan 36 (Misyanto).

Exit mobile version