Prof Umar A Jenie Wafat

Prof Umar A Jenie Wafat

Prof Umar Anggara Jenie saat menyampaikan kuliah umum di UAD.

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Innalillahi wa inna ilaihirajiun, satu lagi tokoh ilmuan Indonesia berpulang. Berita duka datang dari Prof Dr H Umar Anggara Jenie, Apt, Mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah 1995-2000. Beliau berpulang dalam usia 67 tahun, dini hari tadi pukul 03.30, Kamis (26/1) di Yogyakarta.

Almarhum yang semasa hidupnya juga mengabdikan dirinya sebagai pengajar Guru Besar Kimia Medisinal di Fakultas Farmasi di UGM Yogyakarta, rencananya akan disemayamkan di rumah duka Jl. Waringinsari I no. C-8 Condong catur dan pukul 12.30 akan dibawa ke Balairung lalu dimakamkan di Makam Sewu-Bantul

Lahir di Solo, Jawa Tengah, 22 Agustus 1950, semasa hidupnya, almarhum merupakan satu dari tokoh penggiat ilmu pengetahuan di Indonesia yang memiliki kontribusi dan dedikasi di bidang Farmasi. Salah satunya adalah upayanya dalam memperjuangkan paten temuan sintesis molekul yang dikenal dengan molnas (molekul nasional) selepas tahun 1996. Di tahun 2007, almarhum pun diganjar dengan penghargaan Bintang Jasa Utama Republik Indonesia oleh pemerintah Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama saudara kembarnya, Said Djauharsyah Jenie yang merupakan guru besar teknik penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) (Th).

Exit mobile version