Jalankan Program TB Care, Aisyiyah Jatim Terima Dukungan dari Wagub

Jalankan Program TB Care, Aisyiyah Jatim Terima Dukungan dari Wagub

SURABAYA, Suara Muhammadiyah- Program Tuberculosis Care (TB Care) yang digagas oleh Aisyiyah mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu dukungan diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Syaifullah Yusuf kepada Aisyiyah Jawa Timur. Dukungan diberikan karena Jatim menempati peringkat kedua di Indonesia untuk kasus penyakit TB sehingga pemerintah membutuhkan bantuan seluruh pihak untuk memberantas penyakit tersebut.

“Tentu kami mendukung sepenuhnya langkah Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jatim untuk memberantas penyakit TB. Sebab pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Kami siap membantu dan meningkatkan kerja sama dengan Aisyiyah,” terang Syaifullah pada Kamis (2/2).

Menurut Syaifullah, Program TB Care Aisyiyah sejalan dengan pencapaian target Milenium Development Goals (MDGs) no  6, yakni penurunan angka penyebaran penyakit menular. Oleh karenanya, pihaknya menyambut baik program tersebut. Bentuk dukungan tersebut di antaranya yakni mengakomodasi keinginan Aisyiyah untuk menyelenggarakan puncak Aisyiyah TB Care di Jatim.

“Kami upayakan agar kegiatan dapat diselenggarakan di Gedung Negara Grahadi atau di Masjid Al Akbar Surabaya. Dengan begitu masyarakat sekitar juga bisa ikut melihat dan tertarik bergabung. Kami juga siap mendukung untuk konsumsi jika dibutuhkan. Ini adalah acara yang bagus, memperingatkan masyarakat soal bahaya penyakit TB,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jatim Siti Dalilah Candrawati mengatakan bahwa program TB Care adalah program berbasis masyarakat yang merupakan bagian dari program Majelis Kesehatan Aisyiyah di bawah pembinaan Pimpinan Pusat Aisyiyah untuk memberantas penyakit TB.

“Kami berfokus pada TB karena meskipun kuman Tuberculosis telah ditemukan sejak tahun 1882, tapi hingga 2016 belum ada satu negara pun di dunia yang bebas tuberkulosis. Bahkan WHO baru-baru ini merilis bahwa penyakit TB telah menjadi ancaman yang serius yang bersaing dengan HIV,” terangnya.

Dalilah menyatakan pihaknya ingin menyelenggarakan puncak TB Care Aisyiyah di Grahadi pada (25/3) mendatang bertepatan dengan peringatan Hari TB se-dunia. Acara TB Care Aisyiyah sendiri melibatkan 1500 hingga 2000 relawan TB Care dari 22 Kabupaten/ Kota di seluruh Jatim.

“Kami bersyukur dan bertambah semangat karena Pemprov Jatim melalui Gus Ipul siap membantu kami,” tandasnya (hm/ Yusri).

Exit mobile version