SMP Muhammadiyah PK Solo Latih Kecerdasan Spiritual Melalui Manasik Haji

SMP Muhammadiyah PK Solo Latih Kecerdasan Spiritual Melalui Manasik Haji

SOLO, Suara Muhammadiyah-Nilai-nilai ilahiah perlu diaktualisasikan kepara para siswa secara intens agar mampu selalu tumbuh kesadaran akan ketergantungan diri terhadap Sang Pencipta. Kecerdasan Spiritual inilah yang dilatih kepada para siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta melalui kegiatan Manasik Haji. Kegiatan ini diselenggarakan di Asrama Haji Donohudan yang beralamatkan di Jalan Raya Ngemplak, Donohudan, Kabupaten Boyolali, Sabtu (4/1).

Seluruh siswa laki-laki memakai pakaian ihram putih dan siswa perempuan mengenakan pakaian putih yang menutup aurat. Kegiatan ini dilaksanakan sejak pukul 07.00-10.00 WIB. Ketua Panitia kegiatan Ustadzah Rubiatun Nurush Sholihati, SPdI menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman spiritual para siswa memaknai konsep penghambaan kepada Allah Swt dan kesetaraan sosial.

“Manasik haji ini dilakukan untuk mengimplementasikan ilmu yang pernah dipelajari di sekolah. Selain itu kami ingin menumbuhkan rasa penghambaan para siswa kepada Allah SWT. Siapa pun kita baik kaya maupun miskin, pintar maupun bodoh, atasan mapun bawahan statusnya sama di hadapan Allah SWT,“ ungkap Ustadzah Rubiatun Nurush Sholihati kepada wartawan.

Para siswa berkumpul di masjid pada pukul 07.00 WIB untuk melakukan sholat Dhuha dan tahfidz. Kemudian pembekalan manasik haji oleh Ustadz Mansyur. Para siswa membaca niat haji dan memakai pakaian ihram. Dalam kegiatan tersebut para siswa menerima penjelasan istilah-istilah dalam haji dan panduan doa ketika haji. Para siswa dipimpin Ustadz Mansyur untuk melakukan kegiatan haji. Di sana Para siswa melakukan prosesi haji sesuai dengan syarat dan rukun seperti ihram, wukuf, tawaf, sa’I, dan tahalul. Terlihat para siswa sangat antusias dan khusyuk mengikuti setiap prosesi haji.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Aryanto, SPd mengungkapkan bahwa praktis sunah dan rukun Ibadah Haji dilaksanakan pada Manasik Haji kali ini. Harapannya  para siswa tambah pemahaman melakukan ibadah haji. Walaupun kita tahu para siswa ini sudah ada beberapa yang haji dan umroh bersama orang tuanya. Setelah mengikuti kegiatan ini para siswa mampu lebih cerdas secara spiritual dan lebih arif secara social (Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta/Aryanto).

Exit mobile version