MTs Muhammadiyah Jeneponto Tuan Rumah Uji Kenaikan Tingkat Tapak Suci

MTs Muhammadiyah Jeneponto Tuan Rumah Uji Kenaikan Tingkat Tapak Suci

JENEPONTO, Suara Muhammadiyah- Sebanyak 66 anggota Perguruan Tapak Suci Kabupaten Jeneponto mengikuti uji kenaikan tingkat di MTs Muhammadiyah Tombo-Tombolo Bangkala Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan pada Jumat (27/1). Peserta berasal dari tiga cabang tapak suci yakni cabang MTs Muhammadiyah Tombo-Tombolo sebanyak 12 orang, cabang SMP 4 Bangkala Barat sebanyak 33 orang, serta cabang Bulujaya sebanyak 21 orang. Kegiatan dibuka oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jeneponto, Suaib Sewang. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pimpinan Daerah Tapak Suci, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, serta sejumlah pensekar dan pelatih.

Ketua Panitia, Syaparuddin mengatakan bahwa kenaikan tingkat ini mulai dari  tingkat dasar satu sampai tingkat empat yang dilaksanakan selama 4 hari. Adapun mater yang diujikan di antaranya yaitu Teknik dan Ketangkasan, Ujian Membaca Al Qur’an, serta ujian shalat.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jeneponto, Suaib Swwang mengatakan bahwa tapak suci sebagai organisasi otonom Muhammadiyah diharapkan lebih giat lagi untuk berlatih dan memperdalam ilmu ketapaksucian. Menurutnya, hakekat kegiatan tapak suci selain menyehatkan tubuh juga untuk kesehatan batin karena di dalamnya juga diajarkan pendidikan agama.

“Pada hakekatnya, selain untuk kesehatan tubuh juga untuk kesehatan batin karena di dalamnya juga diajarkan pendidikan agama sehingga pada saatnya tapak suci siap untuk mendukung keutuhan NKRI dengan perlindungan Allah SWT,” terangnya.

Suaib berharap agar ujian kenaikan tingkat ini dapat memotivasi peserta dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. “Kami berharap agar kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Peserta yang tidak lolos harus bersabar, dan yang lulus jangan merasa bangga dan menyombongkan diri. Tetapi merupakan motivasi untuk memacu diri ke jenjang lebih tinggi,” tandasnya (Rizal/ Yusri).

 

Exit mobile version