Business Day SD Muda Ceria, Bukan Sekadar Ajang Berjualan

Business Day SD Muda Ceria, Bukan Sekadar Ajang Berjualan

GRESIK, Suara Muhammadiyah- Inilah salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu seluruh siswa SD Muhammadiyah 2 Gresik yang Cerdas, Inovatif, dan Amanah disingkat SD Muda Ceria. Bahkan termasuk para orang tua/wali siswa. Ya! Business day. Ajang belajar berwirausaha dengan berdagang makanan atau minuman.

Pada Jumat (10/2) Ceria kali ini, giliran siswa kelas 2 yang mendapat kesempatan untuk menggelar stan bazar. Sejak pagi sebelum bel berbunyi, siswa kelas 2 yang didampingi para orang tua sudah kasak-kusuk berkelompok, menyiapkan barang dagangan dan keperluannya.

Begitu sesudah apel pagi dilaksanakan, lapangan SD Muda Ceria mendadak penuh, riuh rendah suara siswa kelas 2 bekerja sama menyiapkan meja untuk stan masing-masing. Tak lama setelah seluruh siap, seluruh siswa kelas yang lain dipersilakan untuk membeli makanan atau minuman yang disajikan tersebut.

Mulai dari jajanan ringan seperti kebab, pisang keju, agar-agar, baso sosis, maupun kue brownies. Ada juga aneka nasi, mulai dari nasi kuning, nasi mi goreng, nasi krawu, bahkan juga ada nasi kebuli. Tidak ketinggalan minuman segar berupa es coklat, es tebu, es kopyor, juga es buah dan es pelangi.

Kegiatan Business Day di sekolah yang terletak di perguruan Muhammadiyah Gresik ini tidak sekadar ajang jualan makanan atau minuman belaka, namun juga kesempatan anak-anak untuk belajar hal penting yang lain. Yakni, belajar merasakan menjadi pedagang (empati), belajar melatih kejujuran (akhlak), belajar bersosialisasi dengan pembeli (sosial), belajar mengatur keperluan yang harus disiapkan untuk melakukan sesuatu (strategi), belajar menimbang laba-rugi (ekonomis), hingga belajar menghitung pemasukan dan pengeluaran (matematika).

Kepala SD Muda Ceria, Bapak Hadi Purnomo, mengatakan, “Kegiatan semacam ini kami laksanakan sebulan sekali. Setiap jenjang kelas akan mendapat giliran, bahkan pun kelas satu.”

“Orang tua-wali siswa pun antusias untuk membantu berjualan makanan-minuman, termasuk juga membantu membelinya,” ujar Pak Hadi diiringi senyuman lepasnya (bee).

 

 

Exit mobile version