Tumbuhkan Semangat Ibadah, Siswa SMP Muhammadiyah Simpon Jalankan  Praktek Haji

Tumbuhkan Semangat Ibadah, Siswa SMP Muhammadiyah Simpon Jalankan  Praktek Haji

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta melaksanakan praktek ibadah wukuf di Padang Arafah pada Minggu (12/2). Prosesi wukuf yang diawali dengan khutbah wukuf memberikan makna tersendiri akan pentingnya sebagai hamba Allah bahwa semua sama di hadapat Allah.

Praktek Wukuf ini merupakan  salah satu rangkaian proses manasik haji oleh siswa kelas IX sebagai puncak kegiatan ujian praktek sekolah yang dilaksanakan di Masjid Agung Solo. Selain wukuf, prosesi ibadah  haji seperti  lempar jamarot, tawaf, dan sa’i juga dilaksanakan siswa. Dalam kegiatan tersebut, semua siswa memakai baju ihrom yang merupakan pakaian layaknya dilakukan seorang haji. Pakaian ihrom ini pun juga dikenakan oleh semua guru SMP Muhammadiyah 1 Simpon.

Selama sepekan, siswa kelas IX melaksanakan ujian praktek sekolah. Ujian praktek tersebut di antaranya yaitu praktek sholat wajib, sholat jenazah, dan doa sehari-hari. Selain itu, juga dilaksanakan praktek Membaca Al Qur’an serta sebagai puncaknya yaitu ujian praktek ibadah haji.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan praktik haji ini adalah memberikan semangat umroh dan haji kepada siswa bahwa ibadah ini adalah wajib bagi umat Islam sehingga nantinya siswa mempunyai semangat untuk belajar, bekerja, dan nantinya menjadi orang yang sukses dan dapat melaksanakan ibadah haji ini yang tidak semua orang dapat melaksanakannya.

Exit mobile version