MDMC DIY Adakan Diklat SAR Dasar Jungle Rescue

MDMC DIY Adakan Diklat SAR Dasar Jungle Rescue

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam diri SAR Muhammadiyah D.I. Yogyakarta, MDMC DIY mengadakan Diklat SAR Dasar Jungle Rescue dalam 4 hari kedepan tepatnya tanggal 16 – 19 Februari 2017 bertempat di Klangon, Kalitengah Lor, Glagaharjo Cangkringan, Sleman D.I. Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 28 orang dari berbagai latar belakang pendidikan.

Purwadi selaku Ketua MDMC DIY menuturkan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini memadukan teori dan praktik. Peserta yang mengikuti diklat ini diajak untuk mengenal alam terbuka. Supaya dapat mengimplementasikan teori yang sudah didapatkan dalam pelatihan sebelumnya ke dalam ranah lapangan, MDMC DIY khususnya dan pada umumnya Muhammadiyah secara rutin akan dilakukan recruitment kerelawanan di lingkup MDMC.

“Dengan iman dan taqwa kita menjadi kuat dan dengan ilmu dan amal kita menjadi bermanfaat. InsyaAllah generasi generasi muda bisa mendarmabaktikan dirinya untuk negeri supaya bekemajuan yang dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Purwadi

Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah Arif Jamali dalam sambutannya menyatakan beberapa kegiatan ini memiliki makna stategis. Pertama, setiap kejadian yang dianggap kejadian nasional selalu saja MDMC DIY diminta menerjunkan Relawan Relawannya, karena DIY merupakan DIY pusat Muhamamdiyah dan sudah pasti dibutuhkan dalam hal kuantitas.

Kedua, dari kualitas teman teman MDMC DIY harus lebih bekualitas daripada teman teman yang lainnya, 3 Pilar MDMC di Indonesia yaitu MDMC DIY, MDMC Jawa Tengah dan MDMC Jawa Timur.

Ketiga,  kegiatan inilah yang paling outentik dalam merepresasikan Muhammadiyahan itu sendiri karena mereka para relawan tulus dalam menjalankan perintah agama dalam tolong-menolong

Beberapa materi yang nantinya akan disampaikan meliputi ESAR (Explore SAR), PPGD, Navigasi, Tali Temali, Pendirian Tenda Posko dan diakhiri dengan simulasi Explore SAR

Bertindak selaku Intruktur dalam Diklat ini meliputi Tim SAR BPBD DIY, SAR DIY dan SAR Muhammadiyah DIY kurang lebih 20 orang tutur selaku Setyo Noer Selaku Chief of Instruktur (Faiz).

Exit mobile version