Asah Kemampuan Bahasa Asing, SMP Muhammadiyah Pakem Adakan Tourist Hunting

Asah Kemampuan Bahasa Asing, SMP Muhammadiyah Pakem Adakan Tourist Hunting

SLEMAN, Suara Muhammadiyah– Dalam rangka melatih kemampuan Bahasa Inggris dan menerapkan pembelajaran di luar kelas, SMP Muhammadiyah Pakem mengadakan kegiatan hunting tourist pada Rabu (15/2/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di kompleks candi Borobudur  kabupaten Magelang ini diikuti oleh siswa siswi SMP Muhammadiyah Pakem yang tergabung dalam kelompok study Muhipa English Club (MEC). MEC merupakan kelompok study yang berfokus pada peningkatan dan pengaplikasian kemampuan berbahasa asing di SMP Muhammadiyah Pakem.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Pakem, Hendro Sucipto MPd menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dan mengaplikasikan kemampuan berbahasa asing siswa SMP Muhammadiyah Pakem. Menurutnya, Bahasa Asing penting untuk diajarkan dalam menghadapi era yang maju ini. Selain itu, kegaiatan ini merupakan wujud SMP Muhammadiyah Pakem dalam mewadahi minat dan bakat siswanya.

“Memberikan bekal dan bimbingan terhadap minat dan bakat siswa harus dilakukan sejak dini. Termasuk kemampuan berbahasa asing di era yang semakin maju ini. Saya harap kegiatan ini benar-benar memberikan bekal siswa untuk meningkatkan dan mengaplikasikan kemampuan Bahasa asing mereka, maka SMP Muhammadiyah Pakem mempunyai komitmen untuk menanamkan kebiasaan berbahasa asing dan juga mewadahi potensi dan bakat siswa,” ujarnya.

Proses belajar siswa harus dilaksankanan dengan menyenangkan. Termasuk melaksanakan kegiatan Tourist Hunting ini, aplikasi kemampuan berbicara siswa yang diperoleh di dalam kelas dan dalam club, kemudian digunakan langsung saat bertemu dengan turis asing. Memberikan kesempatan pada siswa untuk berbicara langsung dengan orang asing merupakan hal yang amat penting. Dengan begitu kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa asing dapat tumbuh sehingga minat belajar Bahasa Inggris siswa menjadi meningkat.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan menarik. Hal ini dibuktikan dengan semangatnya siswa dalam mencari turis kemudian mencatat hasil wawancara kemudian dilaporkan kepada guru pembimbing. Kegiatan ini kan terus dilaksanakan untuk mengasah kemampuan bahasa anak, khususnya bahasa Inggris, dengan harapan bahasa Inggris menjadi bahasa yang digemari dan tidak menakutkan bagi siswa khususnya siswa SMP Muhammadiyah pakem, untuk mewujudkan pelajar Muhammadiyah yang berkemajuan. (Imron)

Exit mobile version