SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Lakukan Edutrip Ke Luar Negeri

SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Lakukan Edutrip Ke Luar Negeri

 

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Sejumlah 57 siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta melakukan Edutrip ke Singapura dan Malaysia pada Minggu (9/2) hingga Rabu (22/2). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat dengan melakukan edutrip ke luar negeri.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Aryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan nilai-nilai kearifan global dan pengalaman internasional kepada para siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang kemajuan inovasi-inovasi di luar negeri.

Selain itu, terdapat upaya sekolah untuk mengenalkan budaya Solo ke negeri tetangga. Hal itu dilakukan dengan memberikan kesempatan para siswa untuk membuat short movie. Sebelumnya, para siswa melakukan pembuatan video berdurasi 30 menit dengan tema budaya lokal Solo. Selanjutnya, video tersebut ditayangkan  dan diberikan kepada pihak yang dikunjungi sebagai kenang-kenangan. Adapun isi cerita dari video tersebut berlatar budaya Solo seperti Mangkunegaran, Keraton Kasunanan, Sriwedari, Pasar Gede, Balekambang dsb.

“Rencananya para siswa akan mengunjungi beberapa tempat-tempat penting di sana seperti Muhammadiyah of Singapura, Maahad Hamidiah di Malaysia, dan Pabrik Coklat Grandeur. Selain itu mereka akan menikmati objek wisata seperti Universal Studio di Singapura, Beach Station (Show Wing of Time), Singapore Merlion Park, Batu Cave di Malaysia, dan Putrajaya di Malysia,” terang Hawa Fadhila selaku koordinator kegiatan Edutrip.

Perjalanan dimulai pada Minggu (19/2) pukul 02.00 WIB dari sekolah dengan penerbangan pada Senin (20/2) pukul 07.25 WIB melalui Bandara Adi Sujtipto Yogyakarta, dan tiba di Bandara Changi Singapura pukul 10.35 am.

Hari pertama, para siswa akan menikmati keindahan Singapura dengan mengunjungi beberapa objek wisata seperti Universal Studio Singapura dan Beach Station untuk melihat pertunjukan Show Wing of Time. Pada hari kedua, para siswa akan berkunjung di Muhammadiyah of Singapura untuk mempelajari aktivitas dakwah Muhammadiyah dan kemajuan-kemajuan dakwah Muhammadiyah di Singapura dan dilanjutkan dengan mengunjungi Singapore Merlion Park dan Bugis Junction.

Sedangkan pada hari ketiga, para siswa akan belajar di SMKA Maahad Hamidiah di Kajang, Malaysia dan Pabrik Coklat Grandeur. Di  Maahad Hamidiah Malaysia, mereka akan belajar tentang keunggulan dan prestasi para siswa di sana serta melakukan diskusi dan bertukar budaya.

Hal yang tidak kalah menarik adalah di Pabrik Coklat Grandeur Malaysia. Di sana mereka belajar tentang proses pembuatan coklat. Pabrik ini terlihat kecil tetapi sudah mampu ekspor ke luar negeri. Hal yang unik lagi adalah karyawan di sana adalah para pensiunan. Melengkapi kunjungan, mereka akan pergi ke Batu Cave, toko souvenir, dan Twin Tower Petronas.

Di hari terakhir, para siswa melakukan persiapan pulang ke Indonesia setelah sebelumnya mengunjungi Masjid Putrajaya, Dataran Putrajaya dan Putra Perdana yang merupakan kantor perdana menteri Malaysia. Setelah kegiatan edutrip berlangsung, para siswa akan melaporkan hasil observasi dalam bentuk presentasi di sekolah. (Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat)

 

 

Exit mobile version