Bangkitkan Nasionalisme Melalui Lomba Pidato Kebangsaan

Bangkitkan Nasionalisme Melalui Lomba Pidato Kebangsaan

PONOROGO, Suara Muhammadiyah- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PPKn Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo kembali menggelar lomba pidato kebangsaan V tingkat SMA/ sederajat se-Jawa Timur pada Rabu (15/2). Kegiatan bertajuk “Peran Pemuda dalam Menghadapi Pudarnya Nilai-Nilai 4 Pilar Kebangsaan” ini digelar di Ruang Seminar DOME Unmuh Ponorogo.

Adapun dipilihnya tema tersebut yakni berawal dari keprihatinan Prodi PPKn Unmuh melihat carut marutnya permasalahan pelanggaran norma dan empat pilar kebangsaan. Empat pilar tersebut diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Permasalahan tersebut mencakup semakin memudarnya rasa nasionalisme,, peredaran narkoba yang merajalela, disintegrasi bangsa, serta kasus-kasus korupsi. Oleh karena itu, tema tersebut sangat relevan dan cukup tepat untuk menggambarkan dan memperingatkan bangsa Indonesia  akan semakin memudarnya empat pilar kebangsaan.

Kaprodi PPKn Unmuh Ponorogo, Hadi Cahyono menuturkan bahwa kegiatan tersebut bukan kali pertama dilaksanakan oleh HMPS PPKn. Akan tetapi merupakan kegiatan kelima setelah sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak empat kali pada tingkat se-eks Karesidenan Madiun.

“Ini adalah prestasi yang luar biasa bagi HMPS PPKn Unmuh Ponorogo karena dapat menyelenggarakan Lomba Pidato Kebangsaan V dengan cakupan wilayah se Jawa Timur,” tuturnya.

Lomba Pidato Kebangsaan ini diikuti oleh total 70 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Probolinggo, Pacitan, Ponorogo, Madiun, Blitar, dan sekitarnya dengan melalui dua tahap lomba yaitu tahap seleksi naskah dan final lomba. Sebanyak 70 naskah telah terseleksi menjadi 30 naskah yang difinalkan pada (15/2). Hasil final akan dipilih kembali menjadi 6 besar yaitu juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, dan 3 dengan total hadiah sebesar 5 juta rupiah serta bingkisan dan biaya pendidikan dari pihak sponsor.

Hasil dari lomba pidato kebangsaan V tingkat SMA/Sederajat Se Jawa Timur ini diketahui bahwa Juara 1 diraih oleh Arman Dwi Sofyan dari SMA Negeri 2 Kota Blitar, Juara 2 Haffsah Arinda Agty Putri Anada dari MAN PACITAN, Juara 3 Afifah Aris Minanti dari MAN 1 Ponorogo. Sedangkan untuk Juara Harapan 1, 2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Arga Wildan Nugroho dari MAN 1 Ponorogo, Adhi Kuncoro dari MAN Pacitan, Febriyanto dari MAN 2 Ponorogo.

Hadi berharap, dari hasil tersebut para pemuda lebih aktif lagi dalam membangkitkan semangat nasionalisme. “Dari hasil tersebut sekali-lagi diharapkan para pemuda lebih aktif lagi dalam membangkitkan semangat nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan-kegiatan yang positif seperti ini,” tandasnya (Hadi Cahyono).

Exit mobile version