Gelar Pelatihan Hydroponik, Muhammadiyah Labuhanbatu Dorong Kebangkitan Ekonomi Umat

Gelar Pelatihan Hydroponik, Muhammadiyah Labuhanbatu Dorong Kebangkitan Ekonomi Umat

LABUHANBATU, Suara Muhammadiyah-Majelis Ekonomi Muhammadiyah Labuhanbatu menggelar pelatihan Hydroponik yaitu budidaya tanaman tanpa tanah dengan menggunakan air sebagai media tanam pada hari Ahad, (26/2) di Jalan Perumnas Urung Kompas Rantauprapat.

Dalam sambutannya ketua Majelis Ekonomi Muhammadiyah Labuhanbatu Azhar Hakimi menyampaikan bahwa Muhammadiyah aktif mendorong kebangkitan ekonomi ummat Islam salah satunya di bidang pertanian. Pelatihan Hidroponik diharapkan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan masyarakat khususnya di bidang pertanian dan perekonomian. “Majelis Ekonomi Muhammadiyah Labuhanbatu berharap bahwa pelatihan hidroponik ini dapat bermanfaat bagi peserta untuk mengenal salah saru sistem pertanian yang relatif baru serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Azhar.

Azhar juga menambahkan bahwa dengan budidaya hidroponik, masyarakat dapat mengembangkan pertanian khususnya sayur-mayur pada lahan sempit di pekarangan masing-masing. Sehingga kebutuhan sayur di rumah tangga dapat terpenuhi. “Kami juga berharap ke depan selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, hasil dari budidaya hidroponik yang dikelola masyarakat dapat disalurkan lebih luas seperti di pasar-pasar modern maupun tradisional. Untuk itu diperlukan kerjasama dan adanya komunitas sesama penggiat hidroponik sehingga masyarakat dapat saling membantu untuk menjamin ketersediaan dan terjaganya kualitas yang dihasilkan,” kata Azhar menutup sambutannya.

Sementara itu Ketua Komisi Ekonomi Majelis Ulama Indonesia Labuhanbatu H Amin Prasetyo, MM dalam sambutannya mengapresiasi  pelatihan yang diselenggarakan oleh Majelis Ekonomi Muhammadiyah tersebut. “Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan lahir wirausaha-wirausaha baru khususnya di bidang  pertanian. Kita juga berharap dengan adanya pelatihan ini dapat mendorong terpenuhinya kebutuhan sayur mayur masyarakat Labuhanbatu yang selama ini berasal dari luar daerah Labuhanbatu,” ungkap Amin dalam sambutannya.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum KAHMI Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan,  Ketua FORHATI Labuhanbatu Nina Juliana, Pembina Panti Asuhan Al Arif Al Washliyah H Marwan yang mengikut sertakan beberapa anak asuhnya, Pembina Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Aslin.

Pelatihan ini diikuti oleh dua puluh lima orang peserta yang sangat antusias mengikuti pelatihan  yang diikuti praktek disampaikan oleh Wilda Syafrianti, penggiat hidroponik yang sudah berpengalaman didampingi Irwansyah, pegiat hidroponik yang juga Sekretaris Majelis Ekonomi Muhammadiyah Labuhanbatu (Azhar Hakimi).

Exit mobile version