Kurangi Angka TB HIV, Aisyiyah Kota Yogyakarta Tekankan Pentingnya Sinergi

Kurangi Angka TB HIV, Aisyiyah Kota Yogyakarta Tekankan Pentingnya Sinergi

 

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah mempunyai program penanggulangan Tuberkulosis (TB) berbasis masyarakat dari Majelis Kesehatan Aisyiyah di bawah pembinaan Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah. Dalam melaksanakan tugasnya, Aisyiyah berkoordinasi dengan Sub-Sub Recipient (SSR) yang berkedudukan di Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

Dalam rangka satu abad Aisyiyah, Sub-Sub Recipient (SSR) TB HIV Aisyiyah bersama Global Fund ATM Kota Yogyakarta melaksanakan rapat koordinasi pada Senin (27/2). Kegiatan yang digelar di Hotel Mawar Asri Yogyakarta ini diikuti oleh Kepala Puskesmas di Kota Yogyakarta, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Yogyakarta, serta Pimpinan PDA Kota Yogyakarta.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta, Wuri mengatakan bahwa maraknya penularan penyakit TB dan HIV di Indonesia menjadi tanggung jawab seluruh pihak dalam mengurangi penyebarannya. Oleh karena itu, Aisyiyah bersama The Global Fund dan Dinas Kesehatan telah melaksanakan program penanggulangan dan pendampingan pada pasien TB HIV.

“Aisyiyah punya program dalam mengantarkan generasi ke depan menjadi generasi yang berbudaya, berani bersikap, jujur, dan baik. Sehingga mampu membangun karakter bangsa di era global,” ungkapnya.

Sinergi ini, lanjut Wuri, merupakan bagian dari membangun perilaku yang positif bagi diri sendiri. Ia berharap agar kegiatan SSR TB HIV Aisyiyah yang pelaksanaannya sudah berjalan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi warga Kota Yogyakarta pada khususnya.

“Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan manfaat terkait penanggulangan penyakit menular, khususnya bagi warga Kota Yogyakarta. Untuk itu, diperlukan kerjasama dan sinergi program dalam peningkatan SSR TB HIV,” katanya (Yusri).

 

Exit mobile version