Hanafi Rais: One Day One Ayat One Family

Hanafi Rais: One Day One Ayat One Family

SLEMAN, Suara Muhammadiyah-Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan,  Luar Negeri,  Intelijen dan Penyiaran,  H Ahmad Hanafi Rais SIP MPP dalam ceramahnya di pengajian Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM)  Ngaglik bertempat di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik Mantren Klidon Sukorharjo Sleman menyampaikan pentingnya iman itu sebagai kaitan yang erat antara yang terucap di lisan selaras dengan di hati dan tak kalah penting pula dalam perbuatan.

Hanafi mengutip QS al-Qamar ayat 17 yang berbunyi wa laqad yassarna al-Qurana lidzdzikri fa hal min muddakir yang artinya dan sungguh telah Kami mudahkan al-Quran untuk peringatan,  maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?  Ayat tersebut, kata Hanafi,  disebutkan sebanyak empat kali dalam QS al-Qamar yaitu ayat 17, 22, 32 dan 40.

Hanafi mengingatkan tentang pentingnya tiga macam gerakan bagi keluarga Muhammadiyah. Pertama,  gerakan mencintai al-Quran yaitu dimulai dari gemar mengaji atau membaca al-Quran.  Kedua, gerakan menghafalkan ayat al-Quran.  Dan ketiga, gerakan memahami isi kandungan al-Quran salah satunya yakni gerakan bersedekah.

Hanafi mengingatkan bahwa jika dalam al-Quran terdapat 6236 ayat jika dibagi 365 hari maka sehari dapat menghapalkan satu ayat,  minimal dalam 18 tahun sudah dapat menjadi hafidz atau penghapal al-Quran.

Jadi al-Quran harus menjadi pengingat atau pelajaran bagi kita semua.  Dalam rumah tangga kita perlu digalakkan gerakan menghapal al-Quran dan muroja’ah. Kita jadikan gerakan ini bagi keluarga Muhammadiyah. Hanafi berpesan, ingat selalu one day one ayat one family. Menghapalkan ayat al-Quran itu sebenarnya gratis sehingga bisa dilakukan di rumah sehabis sholat magrib, saat mengantar anak berangkat sekolah dan di waktu kapan pun dan di mana pun. Bisa juga mendownload aplikasi al-Quran dan terjemahnya. Jika keluarga Muhammadiyah dan umat Islam mau menghapal al-Quran pasti Allah akan melimpahkan berkah dan rahmat-Nya.

Berikan amal terbaik kita untuk Muhammadiyah,  umat Islam dan bangsa ini.  Bersedekahlah sebanyak mungkin yang kita mampu. Bersedekah itu yang penting banyak, syukur-syukur ikhlas. Jadi berikan yang terbaik untuk umat,  Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk diri kita dan keluarga kita, pungkas Hanafi. (erha/ribas)

Exit mobile version