Aoki Takenobu: Peran dan Keberadaan Muhammadiyah di Indonesia Sangat Penting

Aoki Takenobu: Peran dan Keberadaan Muhammadiyah di Indonesia Sangat Penting

Aoki Takenobu, Peneliti Islam di Indonesia saat berdiskusi dengan Redaksi Suara Muhammadiyah, Jumat (10/3)

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Dalam diskusi bersama Redaksi Suara Muhammadiyah, peneliti Islam asal Jepang yang juga mengajar di Chiba University, Aoki Takenobu berpesan bahwa Muhammadiyah perlu memahami betapa pentingnya keberadaannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Ide dan pemikiran moderatnya patut untuk terus dipertahankan dan disebarluaskan ke segala penjuru.

“Muhammadiyah harus mengakui betapa pentingnya peranan mereka di Indonesia. Salah satu buktinya kita bisa melihat bahwa Indonesia kini adalah negara yang sangat maju dan sangat damai. Walaupun ada letupan kecil, namun itu tidak berarti,” tegasnya dalam Diskusi rutin bersama Redaksi Suara Muhammadiyah, Jum’at (10/3) di kantor Redaksi.

“Karena apa? Peranan Muhammadiyah sangat kuat dalam membangun bangsa ini,” lanjutnya.

Muhammadiyah pun diharapkan mampu mengevaluasi apa yang selama ini dilakukannya untuk mewujudkan masyarakat Islam Indonesia yang damai dan maju. Atau dalam Istilah Muhammadiyah sendiri yaitu berkemajuan. Ia juga mengharap Muhammadiyah mampu terus berinisiatif dalam mengatasi segala guncangan ataupun konflik yang ada di tengah masyarakat serta meluruskan pemahaman keagamaan masyarakat Islam Indonesia.

“Muhammadiyah harus inisiatif dalam mengatasi konflik sosial ataupun keagamaan yang terjadi di Indonesia,” lanjutnya.

Hal tersebut pun diamini oleh Masayuki Akutsu. Ia sendiri berpesan bahwa Muhammadiyah harus lebih banyak memproduksi intelektual, ilmuan dan mereka yang professional di bidangnya yang juga melek dalam hal agama. Dalam artian, ulama dan juga intelektual. Sehingga, mereka akan memiliki pandangan yang lebih luas dalam mengaktualisasikan ajaran Islam untuk membuat terobosan-terobosan baru di berbagai bidang termasuk dalam hal teknologi di Indonesia (Th).

 

 

Exit mobile version