Lakukan Gerak Cepat, Muhammadiyah Sumbar Terima Apresiasi dari Gubernur

Lakukan Gerak Cepat, Muhammadiyah Sumbar Terima Apresiasi dari Gubernur

SUMBAR, Suara Muhammadiyah- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat (Sumbar) bersama dengan RSU Aisyiyah Padang menggelar program one respon one Muhammadiyah untuk korban bencana banjir di Kapur IX, Lima Puluh Kota pada Rabu (15/3). Program ini meliputi penyaluran makanan, air bersih, pakaian sekolah dan juga pemeriksaan kesehatan dan layanan gizi balita berupa pemberian makanan tambahan.

Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumbar, Meiliarni Rusli menuturkan bahwa Kapur IX merupakan salah salah satu kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota yang terpapar banjir cukup berat. “Lokasi ini tepat sekali bersebelahan dengan sungai Batang Kapur,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Posko Wilayah Tanggap Darurat Muhammadiyah Sumbar, Deri Rizal menyebutkan bahwa sesuai dengan misinya, Lazismu dan MDMC berusaha untuk konsisten dalam aksi penanganan bencana mulai dari emergency response hingga pengurangan risiko bencana. Ia menyampaikan, pihaknya telah menerjunkan Tim Rescue khusus dan mendirikan posko untuk melakukan berbagai program kebencanaan komprehensif di Lima Puluh Kota, Sumbar.

“Tidak teraksesnya beberapa daerah yang terkena banjir kepada layanan dan bantuan dari lembaga-lembaga terkait menjadi salah satu pertimbangan kita untuk mendirikan posko dan penyaluran berbagai program di daerah tersebut,” tuturnya.

Selain melakukan bantuan kesehatan, lanjut Deri, pihaknya juga mendistribusikan pakaian bekas layak pakai, bantuan makanan bayi, peralatan sekolah, selimut, serta perlengkapan lainnya. Ia juga menyebutkan bahwa tim siaga darurat bencana yang terdiri dari dokter, perawat, IMM Sumbar, perwakilan Aisyiyah, relawan, serta unsur PWA sebanyak 20 orang ditempatkan di lokasi terdampak.

Adapun empat titik posko yang sudah dibentuk di antaranya yaitu posko induk di Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang, posko tanggap darurat di Kompleks Masjid Ansharullah Bukittinggi, posko tanggap darurat tiga di Komplek Mts Muhammadiyah Pangkalan Koto Baru Lima Puluh Kota, serta posko tanggap darurat keempat di Komplek Islamic Center Muhammadiyah.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Aisyiyah Kapur IX menjelaskan banjir yang menimpa daerahnya tersebut telah menyapu beberapa rumah warga, tanaman dan kandang-kandang hewan peliharaan mereka. Mewakili warganya ia menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pelayanan kesehatan yang dilakukan di daerah tersebut.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno turut memberikan apresiasi yang besar kepada Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumbar dalam memberikan layanan kesehatan gratis kepada korban banjir yang terpapar penyakit gatal-gatal dan diare. (RI/ Yusri)

 

Exit mobile version