Jaga Trilogi, Kokam Wanasari Dikukuhkan

Jaga Trilogi, Kokam Wanasari Dikukuhkan

BREBES, Suara Muhammadiyah – Pengurus Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam), Pemuda Muhammadiyah Cabang Wanasari dikukuhkan di halaman SMP Muhammadiyah Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes, beberapa waktu lalu.

Mereka dilantik langsung oleh Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak. “Personel Kokam di Kecamatan Wanasari ada 100 annggota lebih. Mereka menjadi satgas dari Muhammadiyah di wilayah kami,” ungkap Ketua Cabang
PM Kecamatan Wanasari, Hendi Sudono.

Sementara Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam arahannya mengajak, anggota dan kader untuk menjaga Trilogi Kokam yakni menjaga ukhuwah Islamiyah, merawat NKRI dan menggembirakan kemanusiaan. Tiga aspek tersebut saat ini perlahan dinilai mulai hilang di Indonesia.

“Kokam harus menjaga ukhuwah Insaniyah. Begitu ada umat Islam atau dari agama lain dalam kesusahan, Kokam harus turun karena kita juga punya ukhuwah basyariyah,” katanya.

Dia melanjutkan, Kokam hadir juga untuk merawat NKRI. Sebab saat ini ada pihak yang merusak keberagaman Indonesia dengan menistakan agama, mengusik apa yang bukan menjadi otoritasnya.

Meski demikian, Kokam diminta harus tetap mengedepankan nalar untuk diskusi dan bertabayun dalam menyelesaikan masalah. Semua masalah harus diatasi dengan tetap menjaga integritas.

“Kita umat Islam dipecah belah, tapi jangan tersulut menggunakan cara anarkis dan premanisme. Sejak dulu Muhammadiyah menjaga tradisi toleransi,” ujarnya.

Dahnil juga mengajak warga Muhammadiyah untuk tetap berdakwah dengan berkemajuan. Dakwah yang paling efektif adalah keteladanan.

“Kiai Ahmad Dahlan memberikan teladan dakwah yang maju, yang menggembirakan kemanusiaan. Jangan lagi bid’ah bidahan karena sudah bukan jamannya lagi,” papar dia (Lukman).

 

Exit mobile version