Biografi dan Perjuangan Nyai Walidah Segera Dilayarlebarkan

Biografi dan Perjuangan Nyai Walidah Segera Dilayarlebarkan

Tasyakur Nyai Ahmad Dahlan The Movie bersama pemeran Tika Bravani dan David Chalik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Biografi dan perjuangan Siti Walidah, istri dari pendiri persyarikatan Muhammadiyah, akan segera dilayarlebarkan dalam sebuah film berjudul Nyai Walidah The Movie. Film yang disutradarai oleh Diyah Paramita ini akan bercerita tentang kehidupan Nyai Walidah, sebagai perempuan jawa yang memiliki pandangan berkemajuan, mulai dari masa mudanya hinga masa tuanya, usai meninggalnya Kiyai Ahmad Dahlan.

Sosok Siti Walidah sebagai perempuan panutan sekaligus tokoh pahlawan nasional akan diperankan oleh Tika Bravani, sedang David Chalik akan memerankan sosok KH Ahmad Dahlan suami Siti Walidah.

Sosoknya sebagai ibu, guru, juga sahabat dikenang betu oleh keluarga besarnya. Bahkan perjuangannya dalam mengangkat harkat dan martabat perempuan lewat organisasi Aisyiyah, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional, tokoh emansipasi perempuan.

Rencana penggarapan film ini sendiri telah dimulai sejak tahun lalu dan rencananya memulai proses pengambilan gambar tersebut pada tanggal 19 Maret 2017. Proses kreatif film yang sebagian besar mendulang dukungan dari kader-kader Muhammadiyah, Aisyiyah dan juga keluarga KH Ahmad Dahlan, bisa dikatakan melewati fase yang cukup panjang.

“Pembuatan film ini mengandalkan cerita cucu dan cicit almarhumah sebagai referensi utama. Tidak heran, persiapan menghadirkan film ini cukup lama,” Diah Paramita, dalam acara Tasyakur Syuting perdana Nyai Ahmad Dahlan The Movie, di Hall Hotel Cantya, Jumat (17/3).

Begitu pula dengan Dyah Kalsitorini, sang produser dari Ira’s Film mengakui ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam proses kreatif ini. Mempelajari ketokohan Pahlawan Nasional dengan dokumentasi yang terbatas, bukan hal mudah.

“Beliau adalah perempuan hebat. Sehingga tidak mudah menggambarkan sosok Nyai Walidah dalam film,” tutur Dyah Kalsitorini.

Sedangkan David Chalik yang akan memerankan sosok KH Ahmad Dahlan mengharapkan, film ini akan mampu menyebakan syiar kepada masyarakat luas tentang bagaimana pentingnya peran dan posisi perempuan di dalam masyarakat dan juga Islam.

Nyai Ahmad Dahlan The Movie direncanakan akan melakukan pengambilan gambar di 3 lokasi utama yaitu Kulonprogo, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta (gsh/Th).

 

 

Exit mobile version