PG PAUD STKIP Kuningan Sadarkan Masyarakat Pentingnya 1000 Hari Pertama Anak

PG PAUD STKIP Kuningan Sadarkan Masyarakat Pentingnya 1000 Hari Pertama Anak

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah – Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar Seminar Nasional Tentang Pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan anak, hal itu merupakan momentum penting dalam pola pengasuhan dan penyiapan generasi emas di masa depan. Hal itu dilakukan di Gedung Serbaguna Rajaseafod Kuningan Jawa Barat, Sabtu (18/3).

Seminar yang ikuti kurang lebih 435 peserta  dari kalangan Guru PAUD, Mahasiswa, Dosen PG PAUD. Selain itu menghadirkan Narasumber dari UHAMKA Jakarta, Dra. Hj Chandrawaty MPd,  Amelia Vinayastri MPd Psi dan dari Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr Suyadi MPd.

Ketua  PG-PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan, Erna Juherna M.Pd.I mengatakan, sebagai civitas akademik memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan anak usia dini.

“Diharapkan peserta bisa terbuka wawasannya mengenai pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan, jadi dalam pendidikannya tidak terlewatkan dengan sia-sia. Baik dari Nutrisi, perkembangan, dan pembimbingannya,” ucap Erna.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kasdar Al Ade Saputra menyampaikan, pentingnya 1000 hari pertama masa kehidupan untuk mengembangkan karakter pendidik dan calon pendidik di masa yang akan datang.

“Mudah-mudahan para peserta dapat mengembangkan wawasannya dalam mendidik anak, terutama dalam 1000 hari pertama masa kehidupan,” terangnya.

Menurutnya. Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang di tunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun, oleh karenanya, harus memberikan stimulan guna mempersiapkan peserta didik di masa yang akan datang, baik itu dalam kesehatan, gizi anak usia subur, pemberdayaan dan perlindungan serta pola asuh dalam perkembangan sosial dan emosional anak. 

Di tempat yang sama, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Asda II Drs H Dadang Supardan menyampaikan, Pemerintah sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya seminar Nasional pentingnya 1000 hari pertama, sehingga dalam dunia pendidikan bisa terus berkembang dan mendukung kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan.

“1000 hari pertama masa kehidupan, peserta dapat meningkatkan mutu pendidik dalam rangka memahami pola asuh yang baik dan benar, sehingga bisa menghasilkan generasi penerus yang memiliki kompetensi yang utuh, mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.” terangnya. (Mujahidin)

Exit mobile version