Tingkatkan Kualitas Dosen, UM Ponorogo Dorong Penelitian dan Pengabdian Internal

Tingkatkan Kualitas Dosen, UM Ponorogo Dorong Penelitian dan Pengabdian Internal

PONOROGO, Suara Muhammadiyah- Peningkatan kualitas dosen merupakan salah satu tugas yang penting untuk terus dilakukan dari waktu ke waktu. Sebagai langkah mewujudkan hal tersebut serta menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengembangan, Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo mengadakan penandatanganan penelitian dan pengabdian internal bagi dosen yang akan melakukan penelitian untuk tahun anggaran 2016/2017 pada Selasa (21/3) di ruang Seminar Lantai 4 Unmuh Ponorogo.

Wakil Rektor III Unmuh Ponorogo, Bambang Widiaseno mengatakan bahwa kegiatan penelitian dan pengabdian ini diharapkan mampu memacu setiap dosen untuk memberikan kontribusi positif baik bagi universitas, masyarakat, dan bagi dosen itu sendiri. Menurutnya, penelitian dan pengabdian dosen juga memiliki banyak manfaat bagi dosen untuk kepengurusan Jabatan Fungsional Akademik (JAFA) dan kinerja dosen secara terus menerus.

“Penelitian tidak hanya sekedar penelitian tapi harus melihat kualitas dan Road Map pada keahlian setiap dosen,” tambahnya.

Menurut Bambang, diharapkan output yang dihasilkan dalam setiap penelitian dan pengabdian internal bagi dosen Unmuh Ponorogo selayaknya bisa terpublikasikan baik di Jurnal Internasional, Nasional Terakreditasi, dan juga Nasional ISSN.

Sementara itu, Ketua LPPM Unmuh Ponorogo Rizal Arifin menuturkan bahwa nantinya, penelitian Dikti menjadi syarat bagi dosen yang sudah mendapat JAFA ninimal Lektor. Hal ini disesuaikan dengan prestasi universitas.

“Dengan demikian, maka dosen harus segera mengurus JAFA baik tataran asisten ahli, lektor, dan lektor kepala. Road Map penelitian harus benar-benar disesuaikan dengan keahlian dan kompetensi profesional dosen agar tidak bermasalah di kemudian hari,” tegasnya.

Terkait output pemetaan jurnal, lanjut Rizal, yang perlu diperhatikan dalam publikasi jurnal adalah jurnal yang sudah berreputasi atau jurnal yang sudah menempuh Scopus. “LPPM Unmuh Ponorogo juga melakukan sebuah terobosan baru kepada beberapa kampus untuk mengadakan kerjasama di bidang publikasi internasional baik jurnal informasi teknologi, sosial, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya,” pungkasnya (RK).

Exit mobile version