Gangguan Jiwa, Menularkah?

Gangguan Jiwa, Menularkah?

Bu, saya ingin bertanya. Apakah gangguan jiwa itu menular Bu? Karena saya pernah melihat seorang Ibu dan anaknya sama-sama mengalami gangguan jiwa. Dan itu terjadi pada tetangga dekat saya, saya jadi kuatir bahwa saya bisa ketularan. Dan apakah gangguan jiwa itu dapat disembuhkan Bu? Mohon penjelasannya

X, Somewhere

Mbak X yang sedang gundah, terima kasih atas pertanyaannya

Gangguan jiwa itu tidak menular Mbak. Karena penyebab gangguan jiwa bukan virus atau kuman yang bisa terbang dan menular. Gangguan jiwa disebabkan oleh adanya tekanan hidup dan masalah yang berkepanjangan yang disikapi negatif oleh seseorang. Setiap orang memiliki daya tahan terhadap stres yang bervariasi.  Itu disebut sebagai daya resiliensi. Saat daya resiliensi seseorang rendah, maka ia rentan mengalami tekanan batin yang dapat berkembang menjadi depresi, yang jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan dapat berkembang menjadi depresi berat yang akhirnya memunculkan beberapa gejala yang bisa mengarah pada gangguan jiwa. Yang Mbak khawatirkan itu hanya mitos yg terus berkembang di masyarakat. Jadi yang Mbak lihat seorang Ibu dan anak yg sama-sama menderita gangguan jiwa itu dimungkinkan akibat terjadinya pola asuh dapat mengarah kepada gangguan jiwa yang turun temurun karena proses modelling. Jadi bukan karena gangguan jiwa adalah sebuah penyakit  menular.

Dan tidak perlu khawatir, bahwa nanti Mbak akan tertular.  Selama daya tahan terhadap stres yang Mbak miliki cukup baik, dapat berpikir positif, tidak berlarut-larut dalam menyikapi masalah dan hubungsan sosial terhadap orang lain baik, maka Mbak dapat menjalankan fungsui hidup sehari-hari secara normal.

Menjawab pertanyaan kedua, apakah gangguan jiwa dapat disembuhkan? Jawabannya adalah bisa sembuh. Selama penderita gangguan jiwa tersebut patuh minum obat dan didukung oleh keluarga yang penuh penerimaan dan lingkungan tidak memberikan judgement atau labelling dan mengucilkan penderita itu.

Semoga jawaban saya dapat membantu mengatasi kegalauan yang Mbak alami. Terima kasih. Salam sehat jiwa.

Ratna Yunita Setiyani S, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Kaprodi Psikologi UNISA Yogyakarta)

—————————————————-

Untuk pertanyaan seputar Psikologi, kirimkan ke email ratnayss@gmail.com

 

Exit mobile version