Silaturahim Pengelola Media Muhammadiyah, Usung Sinergitas dan Konvergensi Media

Silaturahim Pengelola Media Muhammadiyah, Usung Sinergitas dan Konvergensi Media

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Puluhan pengelola media Muhammadiyah yang berasal dari berbagai daerah ikuti silaturahim yang digelar oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah Sabtu, (25/3) di Gedung PP Muhammadiyah Yogyakarta. Silaturahim tersebut menurut Ketua MPI PP Muhammadiyah Muchlas, MT merupakan wadah dalam melakukan sinergi antar media dalam merespon isu-isu yang beredar, terutama yang berkaitan dengan persyarikatan.

Muchlas pun mengapresiasi keberadaan media-media resmi Muhammadiyah ataupun yang berafiliasi di bawah Muhammadiyah dengan gaya dan corak pemberitaan yang beragam. Namun, dengan kuantitas yang ada, Muchlas menekankan bahwa perlu adanya penguatan kualitas dan sesamaan persepsi, termasuk dalam kecepatan dalam merespon isu. Apalagi dengan perkembangan media online kian tidak bisa dibendung.

“Dengan media-media yang memiliki corak dan gaya pemberitaan yang beragam tersebut, harus ada penyeragaman dan penyamaan persepsi akan arah dan tujuan Muhammadiyah,” tuturnya.

Di samping itu, forum in juga diharapkan dalam meningkatkan sinergi kolaborasi antar media yang ada. Terlebih, ke depan MPI mengharapkan terwujudnya seuatu bentuk konvergensi atau jejaring media di Muhammaidyah sendiri.

“Kita ingin adanya sebuah bentuk atau program konvergensi media di Muhammadiyah. Sehingga, aka nada pengelolaan media yang konvergen. Tidak masalah ketoka berbeda gaya penyajian atau ciri khas yang dibawa masing-masing, asal tidak ada ketimpangan substansi dan konten antara media-media di persyarikatan,” tegasnya.

Menurutnya, selain keinginan adanya konvergensi media tersebut, MPI telah membentuk sejumlah asosiasi yang akan memudahkan alur koordinasi antar satu sama lainnya. Di antaranya adalah Jaringan Radio Muhammadiyah dan forum asosiasi pengelola perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Walaupun asosiasi tersebut tidak masuk dalam struktural di bawah PP Muhammadiyah, namun dengan keberadaan tersebut mampu menjadi bagian dari saluran yang memudahkan adanya koordinasi,” tandasnya.

Selain dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, Forum Silaturahim tersebut juga menghadirkan pengamat media yang juga anggota MPI PP Muhammadiyah, Mustafa Nahrawi yang menggarisbawahi seputar Perang Maya dan Kesiapan Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan tersebut (Th).

 

Exit mobile version