Begini Cara SMP Muhammadiyah PK Solo Kembangkan Wawasan Budaya Global Siswa

Begini Cara SMP Muhammadiyah PK Solo Kembangkan Wawasan Budaya Global Siswa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan yang berjudul Eksplorasi Lintas Budaya pada Kamis (23/3) di hall sekolah. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk presentasi pengalaman siswa kelas 8 yang telah mengikuti edutrip ke Singapura dan Malaysia pada Februari lalu.

Humas SMP Muhammadiyah PK Solo, Aryanto mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan wawasan budaya manca kepada siswa dan menggali kearifan budaya global untuk pengembangan diri siswa ke depan. Selain itu, sekolah ingin mengembangkan kemampuan siswa dalam hal berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis, dan percaya diri.

Melalui kegiatan ini kami ingin mengembangkan empat kompetensi siswa yakni komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, dan percaya diri, serta tentunya menambah wawasan budaya siswa tentang nilai-nilai kearifan budaya global, ujar Aryanto kepada wartawan.

Kegiatan perlombaan presentasi menampilkan enam kelompok dari siswa kelas 8. Mereka menampilkan presentasi yang berisi pengalaman Edutrip ke Singapura dan Malaysia. Hal-hal yang diceritakan tentang kesan-kesan tentang budaya di Singapura dan Malaysia seperti kebersihan, kedisiplinan, kemajuan-kemajuan bangsa di sana. Bagaimana tentang Organisasi Muhammadiyah di Singapura, sekolah di Maahad Hamidiyah Malaysia, dan Pabrik Coklat Grandeur. Selain itu, destinasi-destinasi wisata seperti Universal Studio, Beach Station (Show Wing of Time), Singapore Merlion Park, Batu Cave di Malaysia, dan Putrajaya di Malaysia.

Presentasi Eksplorasi Lintas Budaya tidak hanya disimak oleh siswa dan guru, tetapi juga orang tua siswa dan komite sekolah turut menyaksikan. Hadir sebagai juri antara lain, Rini Yustiningsih selaku Redaktur Pelaksana Solopos, Annisa Hapsari selaku pengurus Paguyuban Orang Tua Siswa Sekolah (POSSMA), dan Upik Mairina selaku Wakil Kurikulum Sekolah. Adapun aspek penilaian antara lain, bersifat komunikatif, kreatif, menarik, dan percaya diri.

Turut memeriahkan acara tersebut adalah penampilan hiburan musik dari siswa kelas 7, 8, dan 9. Pada akhir acara, pihak sekolah mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada perain Juara 1, 2, dan 3 lomba presentasi (Aryanto).

Exit mobile version