Perkuat Gerakan Literasi, Muhammadiyah Depok Adakan Sekolah Jurnalistik

Perkuat Gerakan Literasi, Muhammadiyah Depok Adakan Sekolah Jurnalistik

SLEMAN, Suara Muhammadiyah-Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok, Sleman melalui lembaga Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) berinisiatif memperkuat gerakan literasi dengan mengadakan kegiatan kepelatihan jurnalistik. Kegiatan bertajuk “Sekolah Jurnalistik” ini diselenggarakan pada Rabu, 28 Maret 2017 di SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00-11.00 WIB ini diikuti dari berbagai kalangan, seperti dari PCM Depok, PCA Depok, dan kader-kader IMM Sleman. Bekerjasama dengan majalah Kibar, kegiatan ini dibimbing secara langsung oleh wartawan Harian Republika 2000-2003, Amiruddin Zuhri.

Amiruddin menerangkan bahwa suatu berita wajib mengandung unsur 5W+1H (What, where, when, why, who + how). Selain itu, penulis Buku Sukses Menjadi Penulis Indipenden ini juga menjelaskan berita yang baik dan menarik harus mengandung 6 nilai, yaitu penting (significance), besar (magnitude), actual, dekat (proximity), tenar/popular, dan manusiawi (Human Interest).

Di akhir kegiatan, panitia mengharapkan kepada seluruh peserta untuk tidak hanya berhenti sampai di sini. Akan tetapi harus ada tindak lanjut dari kegiatan “Sekolah Jurnalistik” ini. Kegiatan serupa akan dilangsungkan kembali pada 14 dan 18 April mendatang (Labo).

Exit mobile version