Teruskan Tradisi Literasi, MPI PWM Sumbar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Operator

Teruskan Tradisi Literasi, MPI PWM Sumbar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Operator

SUMBAR, Suara Muhammadiyah- Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat menggelar pelatihan jurnalistik dan operator pada Selasa (28/3) di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar. Kegiatan bertajuk “Membangun Tradisi Literasi untuk Sumbar Berkemajuan” ini diperuntukkan bagi utusan MPI Kabupaten/ Kota se-Sumbar serta utusan oganisasi otonom Muhammadiyah tingkat wilayah.

Ketua MPI PWM Sumbar, Salman M Noer menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan usaha untuk mengembangkan sinergisitas sumber daya teknologi informasi, pustaka, dan media sebagai sistem gerakan dan amal usaha di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, kata Salman, yakni untuk mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) Muhammadiyah dalam menulis berita tentang kegiatan rutin agenda kerja Pimpinan Wilayah sekaligus bekal menulis sejarah Muhammadiyah di Sumbar.

Salman berharap, melalui kegiatan pihaknya akan mendapatkan pengetahuan dan bekal menulis mengenai segala hal terkait Muhammadiyah Sumbar. Menurutnya, kegiatan ini menjadi sesuatu yang penting mengingat penyebaran informasi yang bermanfaat.

“Jika ingin menguasai dunia, maka kuasailah media. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk didapatkan oleh MPI daerah dan utusan ortom tingkat agar mereka dapat menjadi penyebar informasi yang bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPI PWM Sumbar berharap agar guru-guru di sekolah Muhammadiyah diproyeksikan dapat berperan sebagai wartawan di daerah masing-masing. Ia juga menuturkan pentingnya mendokumentasikan setiap kegiatan yang ada di daerah dan membagikannya melalui media sosial serta laman resmi Muhammadiyah.

“Hal tersebut perlu kita lakukan agar masyarakat di luar daerah dapat mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masing-masing PDM,” imbuhnya.

Ditemui dalam kesempatan terpisah, Ketua PWM Sumbar, Buya Shofwan Karim menyampaikan bahwa budaya membaca dan menulis merupakan perintah Allah SWT.

“Kami berharap pelatihan jurnalistik dasar ini akan melahirkan komunitas penulis Muhammadiyah Sumbar yang akan beraksi menulis segala hal tentang Muhammadiyah yang handal memanfaatkan media sosial dengan baik,” tandasnya (RI).

Exit mobile version