MAM Limpung Juarai Lomba Karya Ilmiah

MAM Limpung Juarai Lomba Karya Ilmiah

BATANG, Suara Muhammadiyah-Dalam rangka menggali potensi siswa jenjang pendidikan menengah atas dalam bidang penulisan karya ilmiah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang mengadakan Lomba Penulisan Karya Ilmiah tentang Cagar Budaya Jawa Tengah bagi siswa sekolah menengah atas dan sederajat (23/3).

Lomba ini diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat nasional. Dan untuk tahun 2017 ini juara pertama tingkat Kabupaten Batang diraih oleh Ananda Mandasari, kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Limpung Kabupaten Batang, mengungguli peserta-peserta lain dari SMA/MA/SMK Negeri dan Swasta di wilayah Kabupaten Batang.

Mandasari mengangkat tulisan ilmiah cagar budaya tentang Situs Sojomerto yang di kalangan sejarawan dikenal sebagai Prasasti Sojomerto.

Prasasti bertarikh abad VII M ini menarik perhatian para peneliti sejarah hingga ke mancanegara karena konon menurut Prof Buchori (peneliti senior dari LIPI), dari prasasti ini dapat diketahui cikal bakal raja-raja Mataram Kuno di Jawa Tengah dari alur Syaelendra, yang dalam prasasti itu dikenal sebagai Dapunta Selendra.

Dengan prestasi ini Mandasari mendapatkan hadiah trofi, piagam dan uang pembinaan serta berhak mewakili Kabupten Batang untuk berlomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan jika berhasil juara di tingkat provinsi akan berlanjut sebagai wakil Jateng di tingkat nasional. Meskipun hal ini tidak mudah namun perlu diperjuangkan semaksimal mungkin. Manusia berusaha, Allah yang menentukan hasil usahanya. Demikian antara lain yang dilakukan oleh Kepala MAM Limpung, Ahyaudin dan guru pembimbing, Pulung Ari Wibowo (Sugitohd).

Exit mobile version