Mendikbud dan Ketum Muhammadiyah Lakukan Peletakan Batu Pertama SMK Maritim Kendari

Mendikbud dan Ketum Muhammadiyah Lakukan Peletakan Batu Pertama SMK Maritim Kendari

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Dalam lawatannya ke Sulawesi Tenggara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir beserta Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam melakukan peletakkan batu pertama, pembangunan SMK Maritim Muhammadiyah, Sabtu (1/4).

Mendikbud berpesan agar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maritim Muhamadiyah Kendari tidak hanya dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja, namun benar-benar disiapkan untuk menjadi manager wirausaha di bidang perikanan.

Menurutnya, kawasan maritim merupakan prioritas utama pemerintah dalam prioritas program kerjanya, karena 75 persen wilayah Indonesia adalah laut.  Sulawesi Tenggara termasuk provinsi yang sangat potensial di bidang kemaritiman untuk dapat dimanfaatkan dan dikembangkan bagi kemaslahatan masyarakat luas.

“Unit sekolah baru ini, harus betul-betul dimanfaatkan secara optimal guna memajukan masyarakat Sultra, terutama dalam memajukan pendidikan, khususnya bidang vokasi (kejuruan) di Indonesia. Bahkan, bisa melahirkan jiwa wirausaha di bidang kemaritiman,” tuturnya.

Muhadjir menekankan pentingnya masyarakat Indonesia untuk terjun ke dunia wirausaha. Saat ini, penduduk yang berkecimpung di dunia wirausaha baru sekitar 1,2 persen dari jumlah ideal sekitar 4 persen.

Guna mencetak lulusan yang siap menjadi wirausaha, kata Muhadjir, kurikulum pendidikannya paling tidak 30 persen adalah praktik jadi wirausaha. “Kalau perlu siswa dilatih jualan ikan di pasar, supaya tahu rasanya mengurusi ikan di pasar, jangan taunya hanya makan ikan,” kata Mendikbud.

“Saya hadir di sini bukan sekedar karena Muhammadiyah, tetapi ini untuk pembangunan anak bangsa. Apalagi, Sulawesi tenggara memiliki potensi kelautan yang besar, produksi ikannya amat banyak dan ini membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang perlu dididik dengan baik,” ujar Muhadjir.

Sementara itu, Ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa peletakan batu pertama ini merupakan bagian dari usaha Muhammadiyah untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Haedar berharap SMK Maritim Muhammadiyah ini bisa berkembang pesat memberi manfaat bagi umat dan bangsa.

Haedar juga berharap adanya kerjasama yang lebih intensif antar semua pihak yang terlibat dalam upaya pendidikan. Jika Kemenristekdikti, Kemendikbud dan Muhammadiyah serta stake holder lainnya dapat bekerja sama, maka hasil yang diharapkan akan lebih baik lagi. Muhammadiyah telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi semua (Ribas).

Exit mobile version