PONOROGO, Suara Muhammadiyah- Bagian Karir Mahasiswa (BKM) Universitas Muhammadiyah Ponorogo melakukan kerjasama dengan PT. Sinar Sosro dalam program Internship yang mana melibatkan dosen mata kuliah Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis (SKB).
Kegiatan ini diselenggarakan beberapa waktu lalu di Ruang Seminar Lantai 4 Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang diikuti sebanyak 130 peserta mahasiswa yang terdiri dari beberapa fakultas di Univeristas Muhammadiyah Ponorogo seperti Fakultas Ekonomi, Teknik, FKIP, dan Mahasiwa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo. Sedangkan dari tim PT. Sinar Sosro sendiri hadir sebanyak 5 orang, yaitu Agung Kurniawan (Marketing Research Jakarta), Arif Pitoyo (Manager Area 2 Jatim), Harjono (Support Promotion Jatim), Hermin (Distribution Research Jatim), dan Agus (Manager Madiun).
Kegiatan ini bertujuan untuk membina mahasiswa dalam menciptakan jiwa yang tangguh sebagai seorang Enterpreneur untuk menjawab tantangan, dimana saat ini sangat diperlukan konsep dan strategi inovative dalam menciptakan marchindise sebuah produk barang dan jasa. Dalam kegiatan ini mahasiswa tidak hanya menerima materi di kelas akan tetapi mereka diberikan tugas untuk terjun ke lapangan selama 4 minggu (I Bulan) untuk menerapkan konsep secara praktis.
Pembekalan yang sudah diberikan oleh pihak PT. Sinar Sosro yaitu Konsep Riset Pemasaran dan Marchindise, dimana ini merupakan modal awal buat mahasiswa untuk di lapangan nantinya. Tegas Agung Kurniawan dan Hermin Selaku Marketing Research dan Distribution Research.
“Harapannya, Wirausahawan Muda harus tetap ada walaupun banyak hambatan dan tantangan bagi mereka. Semangat maju dan berkembang harus tetap berada di hati serta pikiran sehinggga terus berkarya dalam menciptakan karya innovative dan flexible khususnya di kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo,” kata Harjono Selaku Support Promotion PT. Sinar Sosro wilayah Jawa-Bali.
Manfaat yang paling mendasar dalam kerjasama Internship PT. Sinar Sosro dengan BKM yang melibatkan dosen Mata Kuliah Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis (SKB) yaitu menciptakan dan membangun mental mahasiswa dalam membuat usaha atau bisnis secara efektif dan efisien yang disesuaikan dengan perilaku konsumen, kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Terutama dalam persediaan, lokasi atau tata letak dan presentasi atau penyajian dalam sebuah bisnis (TE).