Mabit SD Muhammadiyah Unggulan Purwodadi Jalin Kebersamaan

Mabit SD Muhammadiyah Unggulan Purwodadi Jalin Kebersamaan

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah-Dalam rangka meningkatkan iman dan takwa SD Muhammadiyah Unggulan Purwodadi Purworejo melaksanakan kegiatan mabit (malam bina iman dan taqwa). Kegiatan dilaksanakan pada akhir pekan lalu, 31 Maret-1 April 2017. Serangkaian acara pendukung pelaksanaan mabit SD MU seperti market day, game edukatif, olahraga bareng, ibadah mengaji dan shalat tahajud berjamaah, hafalan, motivasi dan mendongeng oleh Ustadz Deden.

“Di antara sisa-sisa kepenatan pasca mabit, tergambar bagaimana indahnya kebersamaan. Kerjasama antara orangtua, sekolah dan masyarakat mewarnai kegiatan SDMU. Market Day berjalan sukses. Anak-anak memperoleh pengalaman bertransaksi karena melakukannya sendiri. Sekali waktu mereka jadi penjual, dan di lain waktu menjadi pembeli. Bukan omzet penjualan yang diburu. Mengasah jiwa enterpreneurship menjadi tujuan yang ingin dikembangkan sejak dini. Kehadiran para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo menjadi penyempurna atas pelaksanaan kegiatan selama dua hari” ujar Agus Amin Fadilah kepala SD MU Purwodadi.

Dalam penyelenggaraannya melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dari progdi PBI Semester 6 yang sekaligus sebagai pemenuhan tuga pengabdian mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan adanya pengabdian di Amal Usaha Muhammadiyah.

“Mendidik tidak bisa mendadak. Mendadak tidak bisa mendidik. Orangtualah guru pertama bagi putra-putrinya. Keteladanan yang diberikan orangtua itulah yang utama. Berharap dari sekolah tapi orang tua tidak mau berubah jelas tidak mungkin,“ kata Deden. 

Kegiatan mabit SD MU Purwodadi sangat edukatif. Anak-anak d perkenalkan dengan kegiatan market day. Dalam kegiatan Tersebut anak-anak berperan langsung sebagai penjual dan pembeli. ada game edukatif sebagai kegiatan brainstorming. Dilanjutkan pada malam hari sebelum kegiaan makan malam, anak-anak melaksanakan kegitanan mengaji hafalan bersama. Dan setelah kegitan makan malam, anak-anak mengikuti kegiatan dongeng dan motivasi bareng ustad Deden. Ditutup dengan kegiatan anak-anak diajak melakukan senam pinguin.

Kehadiran orangtua/wali murid SDMU untuk mengikuti Smart Parenting oleh Deden telah dimanfaatkan anak-anak sebagai pembeli potensial. Dengan gayanya masing-masing anak-anak menawarkan dagangannya. Ada dagangan yang laris manis, terutama makanan. Jambu kristal ludes terjual. Telur asin banyak diminati, Cocktail pun habis. Dagangan yang lain pun banyak yang laku. Market Day pun berakhir dengan perasaan lega dari para pelaksana. Deden juga menyedot perhatian para orangtua/wali untuk fokus dalam mendidik anak.

“Alhamdulillaah, mabit SDMU berikut rangkaiannya telah usai. Ada kesan tak mudah terhapus dari anak-anak yang dengan ceria mengikutinya dari awal hingga akhir. Justru ketika menjelang berakhir ada rasa enggan untuk pulang. Anak-anak minta diperpanjang, tapi tidak mungkin permintaan itu dipenuhi. Istirahat dari rasa penat tetap perlu. Semoga bisa semakin mempererat kebersamaan antara siswa, guru, wali murid dan masyarakat sekitar” ungkap Agus Amin Fadilah Kepala Sekolah SD MU Purwodadi.

Agenda ke depan SDMU setelah mabit kali ini telah disiapkan paket kegiatan di bulan April 2017. Anak-anak akan diajak mengenal dari dekat pengembangan budidaya jamur dan dilanjutkan kunjungan ke panti asuhan Muhammadiyah Plaosan Purworejo.

Exit mobile version