Hari TB Sedunia, Aisyiyah Tegal Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang TB

Hari TB Sedunia, Aisyiyah Tegal Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang TB

SLAWI, Suara Muhammadiyah-Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia bebas tuberkulosis digerakkan oleh Community TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Tegal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta terlibat langsung dalam upaya penanggulangan TB.

Community TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Tegal menggelar diskusi Peringatan Hari TB Sedunia pada (5/4) di Gedung Dadali Pemkab Tegal yang dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Tegal.

Semakin besarnya dukungan bagi upaya penanggulangan TB ini diharapkan mendukung apa yang menjadi cita-cita bersama yakni mewujudkan Indonesia dan Kabupaten Tegal bebas TB.

Tri Redarmani, selaku Kepala SSR TB HIV Aisyiyah Kabupaten Tegal  menjelaskan, “Alhamdulillah Aisyiyah Kabupaten Tegal mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat. Ini adalah bagian dari pada amal dakwah untuk menggerakkan program berupa sosial dibidang kesehatan.”

Program tersebut mencakup kegiatan Evaluasi dan silaturahmi kader TB-HIV Care Aisyiyah yang bertujuan mengemas kegiatan untuk mengasah kreativitas dan keakraban antar kader dalam memberikan advokasi kepada masyarkat luas.

“Selain untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang bahaya TB, kami dari community TB HIV Care Aisyiyah membuat program kreatif berupa Film Edukasi yang dibuat oleh para kader TB ketika bertugas di lapangan dan mengadakan ON Air di Radio bersama Kadikes Kab Tegal,” imbuhnya.

Sedangkan program unggulan yang sudah terlaksana menurutnya adalah program Ketuk Pintu. “Alhamdulillah berkat dukungan dari PDA Kab Tegal dan Kepala Dinas Kesehatan Kab Tegal kami berhasil mengetuk pintu 1400 rumah di Kabupaten Tegal,” lanjutnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Hendadi Setiaji, ”Selaku Kadinkes Kabupaten Tegal mengapresiasi atas kegiatan TB Day 2017 yang diselenggarakan oleh TB Care Aisyiyah Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tegal,” tuturnya.

Dirinya mengaku mendukung dan mengapresiasi program Ketuk Pintu untuk mendata penderita TB di 1400 rumah yang di programkan  secara Intesnsif  oleh Kader TB Aisyiyah.

“Lewat Ketuk Pintu, peran serta masyarakat dalam menanggulangi penyakit TB HIV di Kabupaten Tegal” tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh KADINKES Kabupaten Tegal, DPRD Kabupaten Tegal, PDM Kab Tegal, PDA Kabupaten Tegal, SKPD Kabupaten Tegal,  LSM Penggiat TB, PKBI, Muslimat NU serta Kepala Puskesmas se- Kabupaten Tegal dan Kader TB Aisyiyah Kabupaten Tegal (Hendra Apriyadi).

 

Exit mobile version