Teliti Kepemimpinan Dua Mantan Rektor UMM, Ketua PDM ini Raih Doktor

Teliti Kepemimpinan Dua Mantan Rektor UMM, Ketua PDM ini Raih Doktor

Mursidi (Tengah) bersama 5 pengujinya

MALANG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang, yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Drs Mursidi MM, menjalani Ujian Disertasi program Doktoral S3 di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Sabtu (8/4) pagi. Dalam ujian disertasi ini, Mursidi harus mempertanggung jawabkan disertasi ilmiahnya di hadapan lima penguji.

Mursidi yang mengambil studi Minat Manajemen Sumberdaya Manusia Program Pascasarjana UB mengangkat judul disertasi ‘Gaya Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam Swasta (Studi fenomenologi di kampus Universitas Muhammadiyah Malang).’Dalam ujian yang dilangsungkan di Gedung C Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB ini, ia harus menghadapi berbagai pertanyaan para penguji. Diantaranya, Prof Dr Ubud Salim, MA, Dr Haedar Nashir MSi, dan Prof Dr Ahmad Jainuri MA.

Dari paparan Abstrak disertasinya, Mursidi menyimpulkan dihasilkannya teori bahwa Gaya Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) adalah “Gaya kepemimpinan yang memiliki filosofi profetik dan kuntul baris dengan manajerial pola paguyuban yang transformatif menuju professional”.

Teori ini didasarkan fenomena dan pemaknaan beberapa proposisi dalam penelitian tersebut. Diantaranya, flosofi kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) profetik dan penggerak, filosofi guru dan kuntul baris serta dipengaruhi oleh perjalanan hidup si pemimpin sejak dini, di lingkungan keluarga dan sekolahnya.

Fenomenologi gaya kepemimpinan dua mantar Rektor UMM, Malik Fajar dan Muhajir Efendy (menjabat dua periode) menjadi obyek penelitian Mursidi. Dari beberapa tahun kepemimpinan dua rektor tersebut, Mursidi mendapati berbagai model kepemimpinan yang diterapkan keduanya di kampus yang dipimpin selama kurun waktu itu.

“Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam (UMM) mendasarkan pada banyak filosofi dengan menerapkan manajerial pola paguyuban, lurus dan dinamis. Bahkan, pola pemimpin juga menggunakan konsep jurnalisme, militer dan sepakbola,” demikian Mursidi dalam paparan abstrak disertasinya, Sabtu (8/4).

Dari hasil ujian disertasi yang berlangsung sekitar empat jam, ketua PDM Kabupaten Malang dua periode berturut-turut Mursidi akhirnya ditetapkan lulus dan mendapatkan nilai A (Sangat Memuaskan). Ia pun menjadi Doktor ke 601 di kampus PTN tersebut (amin).

Exit mobile version