Akreditasi Prodi PAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo Dapat Predikat A dari BAN-PT

PONOROGO, Suara Muhammadiyah-Bulan April merupakan bulan yang paling bersejarah bagi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, khususnya bagi Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam), karena pada Selasa, 11 April 2017, Prodi Pendidikan Agama Islam mendapatkan kabar gembira dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Harapan yang begitu besar bagi Fakultas Agama Islam dan juga Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tepat pukul 16.00 WIB salinan SK dan sertifikat dikirim via email ke alamat email universitas dan program studi PAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo mendapakan hasil akreditasi yang sangat memuaskan yaitu mendapat predikat “A” berdasarkan No. 0733/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017 dengan skor nilai 369.

Dekan Fakultas Agama Islam Drs Rido Kurnianto MAg menjelaskan, nilai tersebut bukanlah didapatkan dengan cara yang mudah, tapi berkat usaha keras dari tim Task Force Fakultas dan Universitas dengan menyediakan dokumen selengkap-lengkapyna sesuai dengan apa yang dituliskan dalam borang akreditasi, ditambah dengan data-data pendukung yang belum tertuang dalam borang. Prinsipnya adalah “apa yang dikerjakan harus ditulis/didokumentasikan dan apa yang ditulis harus dikerjakan”. Selain itu, persiapan fisik dan mental yang matang menjadi kunci kesuksesan dan perolehan predikat “A”. Perolehan akreditasi PAI dengan predikat “A” bukan yang pertama kalinya, dua periode sebelumnya PAI sudah pernah mendapat akreditasi “A” tetapi karena ada beberapa hal akhirnya di periode selanjutnya mendapat akreditasi “B”, dan kemudian di tahun ini mendapatkan  kembali prestasi akreditasi “A”.

Sigit menambahkan, harapan ke depan Fakultas Agama Islam (FAI) Univeristas Muhammadiyah Ponorogo yaitu menjadi salah satu Fakultas yang unggul dalam bidang Tridarma dan memberikan Pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga Fakultas Agama Islam Univeristas Muhammadiyah Ponorogo bisa menjadi motorik bagi Fakultas lain yang ada di kampus.

Dengan pencapaian ini semakin memantapkan langkah PAI untuk menjadi salah satu prodi unggulan di Kabupaten Ponorogo, dengan meningkatkan pelayanan dan pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Disamping itu pencapaian ini semakin mengokohkan semangat Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk menuju Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) berpredikat “A” dengan mendorong prodi-prodi lain yang berpotensi mendapatkan akreditasi “A”, karena untuk menuju ke AIPT A setidaknya ada 7 prodi yang berpredikat “A”. Selanjutnya Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo juga sedang menunggu pengumuman dari BAN-PT lagi terkait hasil akreditasi prodi PGMI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Sigit).

Exit mobile version