SMK Muhammadiyah Imogiri  Bekerja Sama Dengan Kodim 0729 Bantul Adakan Kegiatan Bela Negara

SMK Muhammadiyah Imogiri  Bekerja Sama Dengan Kodim 0729 Bantul Adakan Kegiatan Bela Negara

 

BANTUL, Suara Muhammadiyah-Sebanyak empat ratus delapan belas siswa SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul, mengikuti kegiatan bela Negara di Kodim Bantul, beberapa waktu lalu. Kegiatan bela negara bagi siswa-siswi SMK Muhammadiyah Imogiri ini sejalan kesepakatan bersama antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara guna mewujudkan sistem pertahanan negara yang tangguh.

Berkaitan dengan bela negara disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah bahwa, Muhammadiyah dan Negara Indonesia terus bahu-membahu dalam membangun bangsa agar lebih maju, sebagaimana telah dimulai oleh kader Muhammadiyah sendiri, Jenderal Sudirman yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa, negara, dan agama.

Kegiatan pelatihan bela negara SMK Muhammadiyah Imogiri dilaksanakan selama 4 hari berturut turut Senin sampai dengan Kamis, 3-5 April 2017 bekerja sama dengan Kodim 0729/ Bantul. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan membina karakter bagi setiap siswa. Upacara pembukaan dilaksanakan di halaman Makodim Bantul dengan inspektur upacara Dandim 0729/ Bantul Letkol Inf Agus Widianto.

Dandim Bantul dalam sambutannya mengatakan, membangun kesadaran bela negara bagi para pemuda khususnya pelajar adalah kewajiban dan perbuatan mulia. Sebab, para pemuda inilah generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa. “Perlu saya sampaikan bahwa kalian harus bangga menjadi siswa SMK Muhammadiyah Imogiri yang memiliki program bela negara bekerjasama dengan Kodim 0729/ Bantul, kegiatan ini jangan diartikan sebagai bentuk militerisasasi tetapi maknanya adalah mengajak dan membangun kesadaran bagaimana kewajiban anda membangun negara, selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan agar kalian memiliki bekal dalam mengembangkan karakter yang akan berguna bagi masa depan kalian dikemuadian hari,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri, Drs H Nurwahyuntoro mengatakan, kegiatan kali ini diikuti 418 siswa yang seluruhnya merupakan siswa kelas X SMK Muhammadiyah Imogiri. Kegiatan ini, kata dia sudah digelar sebanyak dua kali, program bela negara dilakukan selama 2 hari yang bertempat di Kodim 0729/ Bantul dan komplek lapangan tembak Kodim 0729/ Bantul di pantai Cangkring, Srigading, Sanden, Bantul.

Exit mobile version