IPM Sumbar Launching Komunitas Literasi

IPM Sumbar Launching Komunitas Literasi

PADANG, Suara Muhammadiyah- PW Ikatan Pelajaran Muhammadiyah (IPM) Sumatra Barat dalam rangkaian kegiatan pelantikan pengurus barunya telah sukses menggelar launching Komunitas Baca bernama Lentera Kuning di kompleks SMK Muhammadiyah 1 Padang, Rabu (12/4).

Launching komunitas literasi ini terasa istimewa Karena dihadiri Staff khusus kemendikbud RI Nasrullah MSi dan Ketum PP IPM Velandani P, Anggota Majelis Pustaka dan Infomasi PP Muhammadiyah, David Efendi, serta segenap senior PW IPM Sumatera Barat dan keluarga besar SMP Muhammadiyah 1 Padang di lantai 3 SMK Muhammadiyah 1 Kota Padang. Kegiatan ini dihadiri setidaknya 150 siswa dan atau anggota Ikatan pelajar Muhammadiyah di Sumatra Barat.

Komunitas Baca Lentera Kuning adalah sebuah gerakan sosial dibawah naungan PW Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumbar yang fokus menyuarakan pentingnya membaca untuk membangun SDM yang baik dan berdaya saing tinggi.

“Saya selaku ketua umum PP IPM menyampaikan bahwa Komunitas Baca Lentera Kuning adalah salah satu bentuk aksi nyata dari amanah muktamar yang terkait peningkatan literasi melalui komunitas-komunitas kecil. Kita semua berharap untuk kedepannyaKomunitas Lentera Kuning mampu dalam meningkatkan literasi masyarakat khususnya dan mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Ketum PP IPM Valendani Prakoso.

Sedangkan David Efendi di sela-sela mengikuti acara launching Lentara Kuning tersebut mengatakan bahwa sudah banyak gerakan literasi berbasis komunitas telah dirintis oleh alumni dan aktivis IPM di berbagai daerah seperti DI Yogyakarta, Lampung, dan Jawa timur. “Jadi, Padang akan memberikan kontribusi sangat berarti bagi dunia literasi di Indonesia,” tukasnya.

Selain launcing, komunitas baca Lentera Kuning mengenalkan bahwa komunitas kita ini sudah berjalan sebelum diresmikan oleh Ketua Umum PP IPM. Di awal pembentukannya, stand Komunitas Baca berada di Lapangan GOR Agus Salim Kota Padang.

“Komunitas ini sebagai bentuk kontribusi nyata untuk Sumbar khususnya daerah Kota Padang, sedikitnya kami menyadari dua hal. Pertama masih minimnya minat baca masyarakat, Kedua kami menyadari bahwa untuk menumbuhkan minat baca pelajar bukan hanya tugas pemerintah semata (red, dinas pendidikan) melainkan tugas kita semua, maka dari itu kita mengambil peran dalam hal ini,” tutup Ketum PW IPM Sumbar periode 2014-2016 Anton Risno (Aulia, DE).

Exit mobile version