Jelang Hari Kartini, ‘Aisyiyah Cirebon Gelar Sosialisasi Kanker Serviks

Jelang Hari Kartini, ‘Aisyiyah Cirebon Gelar Sosialisasi Kanker Serviks

CIREBON, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka semarak Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Cirebon turut berpartisipasi dengan menggelar sosialisasi kanker serviks pada Senin (17/4). Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cipujeh Wetan dan Desa Sugong dengan dihadiri oleh 70 orang PUS termasuk Pemerintahan Desa, Kasi PP & Kasi PUG DP2KB P3A dan Bidan Desa.

Koordinator MAMPU ‘Aisyiyah Cirebon, Sri Ratna Istiqomah mengatakan bahwa dalam kesempatan ini ‘Aisyiyah Cirebon ditunjuk sebagai koordinator untuk sosialisasi kanker serviks dan pencegahannya dalam rangka Hari Kartini.

Lebih lanjut Iis menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dan antusiasme yang cukup tinggi dari peserta. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan serta disepakatinya komitmen bersama dari para peserta yang hadir untuk melaksanakan tes IVA.

“Alhamdulillah acara yang kami koordinasikan ini bisa berlangsung lancar dan bisa menarik perhatian para peserta. Untuk komitmen bersama dari para peserta tentang tes IVA ini kami tindak lanjuti dengan mendata ulang para peserta yang hadir serta mengajak warga lain yang belum hadir agar mau tes IVA,” terangnya.

Tak hanya itu, kata Iis, pihaknya juga mendapatkan respon positif dari pemerintah desa setempat. Menurutnya, pihak kepala desa akan mendukung pelaksanaan tes IVA dengan mengalokasikan Anggaran Dana Desa untuk 100 peserta tes IVA. Hal ini disambut baik oleh ‘Aisyiyah Cirebon dan berharap kedepannya aparat pemerintah akan terus mendukung kegiatan serupa dalam rangka memberikan pencerahan pada warganya agar sehat dan berdaya guna sehingga dapat aktif membangun desa.

Iis menambahkan, dari kegiatan sosialisasi serta tes IVA yang akan dilaksanakan ini diharapkan dapat berhasil memberikan pengetahuan kepada perempuan untuk dapat menjaga kesehatannya. “Harapannya, para perempuan akan lebih pintar dan cerdas untuk menjaga kesehatannya terutama yang berkaitan dengan kespro dengan melakukan tindakan preventif dengan pemeriksaan IVA dalam rangka mencegah sedini mungkin kanker serviks,” pungkasnya (Suri/ Yusri).

Exit mobile version