Manfaatkan Libur UN, MA Kauman Padang Panjang Gelar Kemah Tahfidz

Manfaatkan Libur UN, MA Kauman Padang Panjang Gelar Kemah Tahfidz

PADANG PANJANG, Suara Muhammadiyah- Suasana liburan dalam rangka Ujian Nasional (UN) dimanfaatkan oleh siswa-siswi kelas 10 dan 11 MA KMM Kauman Padang Panjang dengan menggelar kemah tahfidz. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta ini dilaksanakan selama 4 hari pada, Rabu-Sabtu (12-15/4) di Malalo Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Hal ini ditunjukan dengan semangat para siswa dalam mengikuti setiap kegiatan dakwah. Tak hanya itu, para siswa juga turut mengajak warga sekitar untuk mengawasi hafalan Al Qur’an para peserta.

Kepala Sekolah MA KMM Padang Panjang, Derliana mengatakan bahwa kemah tahfidz yang merupakan kegiatan tahunan dam menjadi program khas madrasah ini bertujuan untuk menguatkan kemampuan sosial dengan terjun langsung ke masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki.

Disampaikan Derliana bahwa kegiatan yang digelar di antaranya yaitu pembinaan iman dan taqwa yang dikemas dalam bentuk kegiatan MABIT (Masa Bina Iman dan Taqwa) meliputi praktek ibadah dan akhlak yang baik, tahfidz Al Qur’an, praktek dakwah, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Siswa dan siswi dikuatkan dengan materi dan praktek ibadah seperti shalat duha, shalat tahajud, dsb. Selain itu, mereka juga menambah hafalan dengan menyetor dan murajaah. Untuk penguatan tahfidz, dilaksanakan juga Tahfidz Home Visit (THV) grade dua di daerah Malalo. Tentunya hal ini akan semakin menguatkan hafalan Al Qur’an anak kita,” terangnya.

Mengenai kegiatan praktek dakwah, lanjut Derliana, para peserta mengunjungi Masjid dan menampilkan kebolehannya dalam berdakwah. Sedangkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan para siswa dihimbau untuk bergabung dan membaur bersama masyarakat.

“Kegiatan sosial kemasyarakatan ini dilakukan dengan kegiatan goro bersama, bersilaturahim, kegiatan olahraga, dan lainnya. Kami sangat berterima kasih kepada guru-guru MA KMM yang selalu cerdas dan berkemajuan mencarikan jalan terbaik untuk peningkatan kualitas madrasah,” tandasnya (RI).

Exit mobile version