SMP Muhammadiyah Pakem Adakan Kemah Akbar Ortom

SMP Muhammadiyah Pakem Adakan Kemah Akbar Ortom

SLEMAN, Suara Muhammadiyah-Dalam rangka menumbuhkan kedisiplinan dan kemandirian siswa, SMP Muhammadiyah Pakem menyelenggarakan kemah prestasi Hizbul Wathan (HW) SMP Muhammadiyah Pakem pada 4-6 April 2017. Kemah HW SMP Muhammadiyah Pakem diikuti oleh 301 siswa yang terdiri dari kelas 7 dan 8 dan diselenggarakan di bumi perkemahan Gondang 2 Cangkringan Sleman Yogyakarta. Perkemahan dikemas dengan berbagai agenda kegiatan yang melatih kemandirian serta kedisipilnan siswa, di antaranya dengan latihan baris-berbaris, lomba antar siswa, dan juga dimasukan materi keislaman.

Hendro Sucipto MPd selaku kepala sekolah menuturkan bahwa kemah HW SMP Muhammadiyah Pakem yang dilaksanakan selama tiga hari ini bertujuan untuk melatih dan menumbuhkembangkan siswa yang mandiri, terampil, disiplin dan bertanggung jawab. Selain itu beliau menyampaikan harapan bahwa dengan kemah HW ini, semoga  tercetak kader muhammadiyah yang tangguh di masa yang akan datang. “Semoga terlahir kader terbaik seperti layaknya Jendral Sudirman di masa yang akan datang,” cetusnya.

Sementara itu, ketua panitia Kemah HW SMP Muhammadiyah Pakem Faradlina Mufti SSi menambahkan bahwa kemah ini melatih kesadaran siswa untuk hidup berdampingan langsung dengan alam, agar siswa menghargai dan melestarikan alam sebagai anugrah Allah SWT. Hal ini diwujudkan dalam salah satu sesi kegiatan kemah yaitu observasi burung dan capung bekerjasama dengan kelompok mahasiswa biolaska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemah ini juga sebagai sarana latihan siswa hidup di lingkungan masyarakat.

Kegiatan kemah SMP Muhammadiyah Pakem ini juga mengagendakan latihan bersama Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Tapak suci merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa SMP Muhammadiyah Pakem. Pada tahun 2017 ini, tapak suci SMP Muhammadiyah Pakem telah menorehkan berbagai prestasi. Di antaranya adalah Juara I kelas B putra dan juara I Seni Tunggal Putra dalam ajang POPDA Kabupaten Sleman. Selain itu juga Juara I O2SN Kabupaten Sleman. Mereka berhak mewakili kabupaten Sleman di tingkat DIY (Imron).

Exit mobile version